9 Manfaat Beladiri Bila Dilatih Secara Disiplin

Kemampuan beladiri sangat wajib dimiliki setiap orang. Sehingga dalam keadaan terdesak bisa membantunya keluar dari ancaman kejahatan. Pastinya tidak hanya itu saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan, kalau rajin berlatih beladiri Nah, inilah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan, bila rajin berlatih beladiri.




1.   Tubuh Semakin Sehat

Berlatih beladiri sangat menyenangkan, dan terbukti mendukung kesehatan. Tubuh akan lebih aktif bergerak, sehingga mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ikuti petunjuk instruktur dengan tepat, agar manfaat ini bisa kamu rasakan lebih optimal.

2.   Melatih Sikap Disiplin

Sikap disiplin sangat ditekankan kepada semua praktisi beladiri. Setiap siswa akan diajarkan untuk selalu tepat waktu di setiap sesi latihan, berlatih dengan sungguh-sungguh, dan selalu mematuhi segala peraturan yang ditetapkan di setiap sasana atau tempat latihan.

3.   Melatih Kesabaran

Agar bisa memahami sebuah seni beladiri tentunya sangat diperlukan kesabaran. Mulai dari mengikuti instruksi pelatih, pengulangan gerakan dasar, mengikuti ujian kenaikan tingkat, dan sebagainya.

4.   Melatih Percaya Diri
Mentalitas semakin meningkat, dengan proses selama latihan. Sosialisasi sesama siswa, latihan tanding, dan sebagainya sangat mendukung meningkatnya rasa percaya diri.

5.   Melatih Penguasaan Diri

Emosi bisa muncul setiap saat, tapi kamu bisa melakukan penguasaan diri. Meskipun sangat yakin bisa melakukan perlawanan fisik. Diplomasi selalu dikedepankan, dan menghindari kekerasan.

6.   Melahirkan Sikap Sportif

Sportifitas selalu dijunjung tinggi, terutama di setiap kesempatan bertanding. Dengan cara ini kamu menjadi seseorang yang sangat diperhitungkan, dan disegani oleh para lawan di arena pertandingan.

7.   Memunculkan Sikap Pantang Menyerah

Kegigihan sangat diajarkan, baik kala menghadapi lawan di pertandingan ataupun saat dalam ancaman kejahatan. Sikap pantang menyerah tidak hanya terjadi di gelanggang pertandingan saja, tapi juga di keseharian.

8.   Membela Diri dan Orang Lain dari Ancaman Kejahatan

Ancaman kriminalitas bisa datang kapan saja dan dimana saja. Kalau kondisi buruk itu menimpa kamu, pastinya harus melakukan antisipasi atau perlawanan. Nah, dengan rajin berlatih beladiri, segala permasalahan tersebut bisa teratasi. Bahkan tidak hanya mampu membela diri sendiri saja, tapi juga bisa membebaskan orang lain dari ancaman kejahatan.

9.   Meraih Prestasi Membanggakan

Ada banyak cabang beladiri yang dipertandingkan di berbagai pesta olahraga. Nah, kamu bisa fokus berlatih salah satunya, untuk meraih prestasi lebih optimal. Kamu bisa belajar Jeet Kune Do, untuk bisa meraih prestasi di cabang olahraga Wushu (Khususnya Wushu Sanda).

Jeet Kune Do lahir dari buah pemikiran Bruce Lee, dengan menggabung berbagai teknik beladiri. Jeet Kune Do menekankan gerakan yang cepat, tepat, kuat dan efektif.

Dengan teknik sederhana, setiap orang bisa mempelajarinya. Sangat banyak prestasi yang sudah diraihnya, kamu pun bisa ikut bergabung, berlatih, dan rajin mengikuti kompetisinya.

Bagi kamu yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, bisa bergabung untuk berlatih Jeet Kune Do di Sasana Graha Karbol AAU, dan Sasana ATK (Akademi Teknologi Yogyakarta). Kedua lokasi tersebut sangat strategis, yang mudah diakses dari mana saja. Baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Sasana Graha Karbol beralamat di Jalan Senopati No.9 Yogyakarta (Sebelah Timur Tamar Pintar). Contact Person, Hasan 0898-5000-747. Jadwal latihannya, setiap hari Kamis dan Minggu jam 4 sore (16.00 – 18.00).

Sedangkan Sasana ATK berlokasi di Gedung Auditorium ATK, Jalan Parangtritis Kilometer 5 (Ring Road Selatan). Contact Person, Amin 08966-111-7879. Jadwal latihannya, setiap hari Selasa dan Jumat jam 5 sore (17.00 – 19.00).

Siswa Jeet Kune Do bisa memilih kelas reguler atau kelas atlet. Siswa yang ingin ikut berlatih minimal sudah berusia 7 (tujuh) tahun. Sedangkan usia maksimal siswa adalah 60 tahun. Putra dan putri boleh ikut berlatih beladiri ini.

Bagi yang serius ingin menempuh jalur prestasi harus mengikuti kelas atlet. Dengan begitu, bisa tersalurkan untuk mencapai prestasi yang diinginkan. Berbagai fasilitas latihan sudah disiapkan, guna menunjang hasil latihan yang lebih maksimal, seperti matras, mok yang jong, target pukulan dan tendangan, body protector, dan lain sebagainya.

Selamat berlatih...



Komentar