Agar Hasil Latihan Beladiri Lebih Optimal, Berikut Ini Perlengkapan Berlatih yang Harus Kamu Gunakan

perlengkapan latihan beladiri
Supaya hasil latihan beladiri lebih optimal, maka dibutuhkan berbagai perlengkapan. Jadi, setidaknya sasana atau tempat latihan sudah menyediakannya secara memadai. Selain menunjang latihan, tentunya juga membantu keamanan, dan keselamatan. Seperti matras, yang sangat berguna saat latihan bantingan. Nah, apa sajakah peralatan yang biasanya digunakan?


Matras

matras beladiri
Matras digunakan sebagai alas lantai, agar tidak terjadi benturan keras saat berlatih beladiri. Dengan begitu, melindungi tubuh dari cedera yang bisa saja berbahaya. Jadi, kalau sedang latihan bantingan, tidak begitu ragu untuk menjatuhkan lawan atau patnet berlatih. Setiap matras memiliki ketebalan, warna, dan model tersendiri.

Target Tendangan atau Kicking Pad

latihan wushu jogja
Sumber: Youtube.com
Sesuai namanya, target ini digunakan sebagai sasaran tendangan. Bentuknya ada yang bulat dan disertai gagang untuk memegang. Ada juga yang kotak dengan dilengkapi pegangan di bagian belakangnya. Dengan adanya peralatan latihan ini, maka sangat membantu untuk akurasi tendangan, kekerasan, dan kecepatannya.

Punching Pad atau Target Pukulan

perlengkapan latihan wushu
Sumber: udar.kz 
Fungsinya sama dengan kicking pad, hanya saja diprioritaskan untuk latihan pukulan. Biasanya bentuknya bulat, dan bisa disarungkan ke tangan. Tingkat kekerasan target sangat tergantung dari produsennya. Fungsinya juga utuk melatih ketepatan, kekuatan, dan juga ketepatan pukulan.

Hand Wrap atau Banded

Sumber: www.shutterstock.com
Fungsinya sebagai pelindung tangan sebelum menggunakan sarung tinju. Bentuk alat ini seperti selendang dengan panjang sekitar lima meter. Kemudian dililitkan ke tangan, hingga sebagian besar tangan tertutupi dengan rapi. Kamu juga bisa memakainya meskipun tidak menggunakan sarung tinju. Biasanya digunakan saat berlatih dengan memukul sandsack.

Hand wrap adalah perlengkapan latihan yang sifatnya pribadi. Jadi setiap siswa harus memilikinya sendiri. Karena kalau digunakan secara bergantian bisa saja berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, akan menyita waktu kalau pemakaiannya harus bergantian.

Rekomendasi handwrap harga terjangkau dan tetap berkualitas, bisa dipesan melalui Bukalapak.com atau Tokopedia.com.

Sarung Tinju atau Glove

latihan wushu di jogja
Sumber: Livestrong.com
Tidak semua beladiri menggunakan sarung tinju dalam latihannya. Tetapi kalau kamu menekuni beladiri Wushu Sanda, maka harus mengenakannya saat latihan dan juga ketika mengikuti pertandingan.

Sandsack

wushu di bantul
Sumber: esportes.umcomo.com.br
Perlengkapan beladiri ini juga digunakan sebagai target pukulan atau pun tendangan. Panjang sandsack bervariasi, mulai dari 50 cm hingga 2 meteran. Isi bagian dalamnya biasanya pasir, kain perca, limbah gergaji kayu, dan sebagainya.

Cara pemasangannya dengan digantung di dalam bangunan atau pun ruangan terbuka. Produsen sandsack juga biasanya sekaligus menyediakan braket khusus, guna pemasangan sandsack lebih rapi dan kuat.

Pelindung Gigi atau Gum Shield

latihan beladiri di jogja
Sumber: http: www.skysports.com
Supaya melindungi bagian gigi, maka saat akan melakukan latihan bertarung atau kumite, maka setiap siswa wajib menggunakan pelindung gigi. Tujuannya agar gigi lebih terlindungi, saat terkena pukulan atau pun tendangan. Gum Shield tidak boleh digunakan bergantian dengan orang lain. Karena bisa saja berbahaya bagi kesehatan. Jadi kamu wajib memilikinya sendiri.

Pelindung Kepala

Sumber: www.alumni-uhh.de
Saat latihan bertarung atau sparring, maka setiap siswa wajib mengenakan pelindung. Salah satunya adalah pelindung kepala. Bentuknya mirip helm, yang menutupi seluruh bagian kepala, selain wajah. Dengan adanya peralatan ini, maka kamu lebih yakin akan tingkat keamanan dan keselamatan, ketika harus melakukan latihan sabung.

Pelindung Tubuh atau Body Protector

alat latihan wushu
Sumber: chinesemartialstudies.com
Bagian gigi dan mulut sudah terlindungi, jangan lupa juga untuk melindungi bagian tubuh bagian tengan. Untuk itu, penting pula menggunakan body protector. Perlengkapan ini mirip dengan rompi, yang tujuannya melindungi bagian dada dan perut dari serangan.

Pelindung Kemaluan

peralatan latihan beladiri
Nah, bagian yang sangat vital bagi manusia adalah alat kelamin. Karena itu, bagian tersebut juga harus diperhatikan. Oleh karenanya, penting pula untuk selalu menggunakan alat pelindung kemaluan, saat melakukan sparring atau bahkan kala akan bertanding.

Ada perbedaan model untuk alat pelindung kemaluan untuk laki-laki dan perempuan. Secara penggunaannya sama, seperti menggunakan celana. Ukurannya pun berbeda-beda, jadi pastikan kamu sudah mengenakan ukuran yang pas. Sehingga tidak mengganggu pergerakan, dan tetap bergerak dengan leluasa.

Pelindung Kaki

perlengkapan latihan beladiri
Perlengkapan ini pun penting untuk dikenakan. Tujuannya untuk melindungi bagian kaki dari serangan. Ukurannya juga berbeda-beda, karenanya sesuaikan dengan ukuran kaki. Agar tetap nyaman digunakan, dan tidak mengganggu pergerakan.

Mok Yang Jong atau Boneka Kayu

mok yang jong
Perlengkapan latihan beladiri ini memang tidak lazim digunakan seluruh beladiri. Meskipun pada dasarnya bisa juga menggunakannya. Mok Yang Jong lebih lazim digunakan oleh seni beladiri Wing Chun. Beladiri Kung Fu lainnya juga bisa menggunakannya, seperti Jeet Kunde Do.

Alat latihan beladiri ini didominasi material kayu. Dengan bentuk mirip tubuh manusia, yang diibaratkan sebagai arah serangan atau tangkisan. Modelnya ada yang bisa berdiri sendiri, atau pun model palang, yang bisa bergeser mengikuti seragan penggunanya.

Bahan kayu yang digunakan sangat beragam, seperti kayu mahoni, sonokeling, jati, sawo, dan sebagainya. Perguruan Jeet Kunde Do, Sasana Graha Karbol AAU, yang berada di timur Taman Pintar Yogyakarta, sudah menyediakan Mok Yang Jong sebagai sarana latihan para siswanya.

Nunchaku atau Double Stick

belajar nuchaku
Sumber: livestrong.com
Berbagai aliran beladiri juga mengajarkan penggunaan senjata, seperti pedang, golok, tombak, tongkat atau toya, nunchaku, dan sebagainya. Khususnya double stick juga dipelajari, kalau kamu berlatih Jeet Kune Do. Senjata ini sangat populer, sejak sering diperagakan oleh Bruce Lee di setiap filmnya.

Bruce Lee adalah aktor laga legendaris, sekaligus pendiri Jeet Kune Do. Sehingga para siswa beladiri ini juga diajarkan penggunaan senjata tersebut. Ada dua model pemakaian nunchaku, yakni fight style dan free style.

Nah, itulah beberapa perlengkapan yang seharusnya ada di dalam sebuah sasana atau tempat latihan beladiri. Untuk perlengkapan yang bersifat personal, maka kamu harus memilikinya sendiri. Seperti pelindung gigi, hand wrap, dekker (tangan/lutut/tumit), seragam latihan, senjata, dan sebagainya. 

Komentar

Posting Komentar