3 Pola Latihan Bagi Atlet Wushu Sanda

latihan atlet wushu sanda
Menjadi atlet Wushu Sanda, mungkin sudah menjadi impian kamu? Agar bisa menjadi juara di setiap turnamen pastinya tidak mudah. Karena itu, kamu harus membekali diri dengan kemampuan lebih, dibandingkan dengan para lawan kamu. Nah, seperti apakah pola latihan atlet Wushu Sanda, agar mampu terus mencetak prestasi hingga tingkat dunia?

Latihan Teknik

cara latihan atlet beladiri
Sumber Foto: http:underdogboxing.ie

Kamu akan berlatih berbagai gerakan yang bisa digunakan dalam pertandingan. Seperti teknik pukulan, tendangan, dan bantingan. Dengan begitu, kamu memiliki gerakan yang tepat, kuat, dan cepat. Yang pastinya sangat berguna untuk menumbangkan setiap musuh di arena laga.

Pada sesi latihan teknik, tidak hanya belajar shadow boxing saja. Tetapi juga berlatih dengan sasaran atau target. Latihan pad drilling penting dilakukan dengan rutin, untuk melatih ketepatan serangan. Biasanya pada tahapan ini kamu akan dipandu pelatih, atau patner latihan. Bisa juga berlatih dengan menggunakan sandsack.

Sesi latihan teknik ini juga akan diisi dengan latihan sparring. Pada kesempatan ini, kamu akan bertarung bersama patner latihan. Kamu bisa menjajal semua kemampuan atau hasil berlatih. Dalam sesi latihan ini kamu bebas melakukan kombinasi serangan. Baik itu pukulan, tendangan maupun bantingan.

Saat sparring kamu tidak hanya dituntut untuk menguasai teknik bertarung saja, tetapi juga konsentrasi,  kecerdasan, dan juga harus memiliki stamina yang handal. Karena percuma saja menguasai berbagai teknik bertarung, tetapi tenaganya sudah loyo.

Dalam kondisi buruk itu, kamu hanya akan menjadi sandsack bagi lawan. Karena tidak punya kemampuan lagi untuk melawan, atau bahkan tidak kuat lagi melanjutkan pertarungan. Jadi kamu pun harus melatih stamina dengan disiplin.

Konsentrasi pastinya sangat penting, sehingga kamu bisa menjalani pertandingan dengan semaksimal mungkin. Sedangkan kecerdasan petarung juga sangat dibutuhkan. Maksudnya adalah cerdas dalam memahami kelebihan dan kekurangan lawannya.

Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi kelebihannya atau menggagalkan setiap serangannya. Sebagai contoh, pukulan kirinya sangat akurat, dan keras. Sehingga kamu jangan sampai terkena oleh pukulan andalannya itu.

Nah, agar memudahkan kemenangan, kamu bisa fokus untuk menghajar “kekurangannya”. Sebagai contoh, tendangannya sangat lemah. Atau pertahanannya kurang bagus. Maka, kamu bisa memusatkan serangan, dengan lebih memaksimalkan kelebihan kamu.

Latihan Fisik

latihan atlet wushu
Sumber Foto: www.livin3.com

Seperti sudah disinggung di atas, setiap atlet Wushu Sanda harus memiliki stamina yang handal. Nah, agar faktor tersebut bisa terpenuhi, maka latihan fisik harus dijalani dengan penuh disiplin.

Latihan fisik tersebut berupa lari, bisa jarak pendek maupun jarak jauh. Kemudian variasi latihan fisik lainnya, berupa push up, sit up, squat jam, dan sebagainya. 

Dalam latihannya berbagai variasi latihan tersebut, akan digunakan pengulangan atau set. Kemudian latihannya dibatasi dengan waktu tertentu. Dengan pola latihan tersebut, maka hasil berlatihnya lebih optimal.

Latihan Angkat Beban

latihan untuk atlet wushu
Sumber Foto: www.muscleandfitness.com

Setidaknya ada tiga jenis latihan beban, yang harus dijalani oleh setiap atlet Wushu Sanda. Latihan tersebut adalah squat, bench press, dan juga putaran pinggang. Berbagai pola latihan tersebut sangat berguna untuk meningkatkan stamina.

Sekaligus meningkatkan kekuatan otot, sehingga gempuran pukulan dan tendangannya semakin kuat. Termasuk sangat berguna dalam aplikasi teknik bantingan. Jadi, semua variasi latihan sangat difokuskan untuk memaksimalkan performa kamu di arena pertandingan.

Tempat Latihan Wushu Sanda di Yogyakarta

tempat belajar wushu di jogja

Sudah banyak atlet Wushu Sanda bermunculan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya atlet dari Pengprov D.I Yogyakarta. Nah, bagi kamu yang berada di sekitar Kota Jogja, dan sekitarnya bisa ikut berlatih Wushu Sanda di Perguruan Beladiri Jeet Kune Do Cek Jien Tao.

Kamu bisa mendaftarkan diri di Sasana GOR Pendowoharjo di Jalan Bantul km 8,5. Informasi lebih detail bisa menghubungi  Amin (08966-111-7879).

Perguruan Beladiri tersebut membuka kelas reguler, dan juga kelas atlet Wushu Sanda. Bila kamu berminat mencetak prestasi melalui berbagai turnamen, bisa bergabung di kelas atlet. Kamu akan ditempa menjadi atlet, dan direkomendasikan di berbagai pertandingan.

Nah, itulan sejumlah informasi pola latihan bagi para atlet Wushu Sanda. Nah, bila serius berlatih, maka peluang menggapai banyak prestasi, semakin terbuka lebar. Kalau sudah menjadi atlet andalan, kamu tidak hanya akan berlatih di Indonesia saja. Tapi juga bisa menjalani pusat pelatihan di luar negeri, seperti di Tiongkok.


Segera bergabung, berlatih, dan melesat dengan prestasi...

Komentar