7 Tips Penting Kalau Kamu Ingin Jadi Atlet Beladiri Berprestasi

tips jadi atlet beladiri
Kamu ingin menjadi atlet beladiri? Bila jawabannya, Ya. Maka kamu harus mengikuti setiap petunjuk pelatih, dan berlatih penuh disiplin. Menjadi atlet memudahkan jalan kamu dalam menggapai cita-cita. Berbagai beasiswa pun bisa didapatkan, dengan prestasi yang kamu raih. Bonus finansial pun bisa dinikmati. Nah, apa saja tips menjadi seorang atlet beladiri berprestasi?

1. Pilihlah Sasana Beladiri yang Bisa Salurkan Kamu di Turnamen Beladiri

Sangat banyak turnamen beladiri yang digelar di tingkatan daerah, nasional, maupun internasional. Seperti Kejurda, Kejurnas, SEA Games, Asian Game, dan sebagainya. Perlu diketahui, kalau tidak semua jenis beladiri dipertandingkan dalam sebuah turnamen. Karena itu, kamu wajib mengetahuinya terlebih dahulu.

Sebelum mendaftar, tanyalah kepada pelatih atau pngurus, apakah kamu bisa menjadi atlet beladiri tersebut. Karena tujuan utama kamu adalah untuk menjadi atlet beladiri. Ini penting, dan jangan sampai lupa menanyakannya.

Bila kamu ingin menjadi atlet Wushu Sanda, pilihannya bisa bergabung bersama Perguruan Beladiri Jeet Kune Do Ciek Jien Tao. Kamu akan belajar beladiri praktis, dengan konsep beladiri campuran atau Mix Martial Art. Kamu akan berlatih mengenai teknik pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, dan pelepasan.

Berbagai gerakan yang akan kamu pelajari dirancang sederhana, namun sangat efektif dalam aplikasinya. Termasuk sangat memadai, kala diaplikasikan di saat menghadapi lawan di turnamen Wushu Sanda. Seluruh siswa yang mengambil kelas atlet atau jalur prestasi, nantinya akan disalurkan di berbagai pertandingan Wushu Sanda.

Nah, bagi kamu yang berada di Kota Jogja, Bantul, dan sekitarnya bisa bergabung dengan Sasana Grha Karbol AAU, di Jalan Senopati No.9 Yogyakarta. Bisa juga berlatih di Sasana ATK, yang berada di kampus Akademi Teknologi Kulit, di Jalan Ringroad Selatan Bantul.

Untuk info lebih detail, bisa langsung datang ke sasana. Atau bisa juga dengan menghubungi Hasan (0898-5000-747), atau Amin (08966-111-7879).


2. Ikuti Setiap Petunjuk Pelatih

Supaya bisa menjadi atlet beladiri berprestasi, tentunya kamu harus memiliki mentor atau pelatih. Untuk itu, kamu harus senantiasa mengikuti setiap petunjuk dari pelatih. Sudah pasti agar bisa menjadi atlet handal tidaklah mudah. Tidak ada cara instan untuk bisa menjadi seorang atlet beladiri.

Kamu harus menjalani setiap prosesnya dengan penuh disipilin, dan sikap pantang menyerah. Kamu harus bisa menyelesaikan setiap tantangan yang diberikan oleh sang pelatih. Mungkin saja terasa berat, tetapi tersimpan manfaat yang belum kamu pahami. Jadi, ikuti saja dan kamu akan menikmati hasilnya nanti.

3. Berlatih Penuh Semangat dan Selalu Disiplin

Berbagai tempaan yang kamu terima, mungkin saja membuat kamu tidak sabar. Tetapi dengan pola latihan yang diterapkan, akan mengantarkan kamu menjadi atlet berprestasi. Menjadi atlet beladiri yang handal, tidak cukup hanya latihan dua kali dalam seminggu. Kamu harus berlatih minimal lima kali dalam sepekan.

Semakin sering kamu berlatih, maka semakin sempurna teknik yang dipelajari. Sekaligus terus meningkatkan stamina, yang sangat diperlukan saat bertanding. Kemampuan yang semakin meningkat, sudah pasti akan sangat berguna untuk mengalahkan semua  lawan tanding.

Setiap latihan kamu harus selalu semangat dan fokus. Kamu juga harus disiplin di setiap sesi latihan. Jangan pernah sampai telat datang, dan jangan melanggar ketentuan yang diberikan sang pelatih. Bila kamu menjalankan kiat ini, maka jalan menuju keberhasilan sebagai atlet beladiri semakin terbuka lebar.

4. Selalu Jalani Pola Hidup Sehat

Setiap atlet beladiri harus bisa menerapkan pola hidup sehat. Hal itu berkaitan dengan pola makan, tidak merokok, selalu perhatikan kebutuhan tidur, tidak menggunakan obat terlarang, tidak mengonsumsi obat dopping, tidak konsumsi minuman keras, jangan juga begadang, dan sebagainya.

Pola makan harus terjaga dengan baik. Nantinya saat bertanding kamu akan dikategorikan sesuai dengan berat badan. Jadi, kalau berat badannya tidak sesuai, maka kamu tidak bisa berlaga di kelas yang diinginkan.

5. Selalu Sportif Kala Bertanding

Sportifitas harus dijunjung tinggi oleh setiap atlet beladiri. Agar bisa memiliki stamina yang handal, maka kamu harus mengikuti pola latihan fisik yang dianjurkan oleh pelatih. Penting untuk selalu diperhatikan, agar tidak pernah melakukan dopping.

Karena melanggar peraturan pertandingan, dan mencoreng nama perguruan, dan nama atlet. Sistem diskualifikasi sudah pasti akan diterapkan oleh panitia pertandingan. Kalau ternyata atlet bersangkutan terbukti menggunakan dopping.

Sportifitas juga harus diaplikasikan saat berlaga di arena pertandingan. Jangan pernah melanggar aturan kompetisi. Perbuatan curang sudah pasti hanya akan mengurangi poin atau penilaian. Bahkan kamu bisa saja terkena diskualifikasi, dikarenakan pelanggaran yang dianggap sangat keras.

6.Libatkan Tuhan di Setiap Pertandingan

Sangat penting untuk mengimbangi setiap usaha kamu, dengan tetap berdoa kepada Sang Pencipta. Setiap latihan dan pertandingan, kamu harus mengawalinya dengan berdoa sesuai dengan agama, dan kepercayaan masing-masing.

Dengan melibatkan Tuhan dalam setiap usaha kamu, maka kamu bisa merasa lebih kuat dalam menghadapi setiap kompetisi. Termasuk bisa diberikan kemenangan yang kamu harapkan. Tunaikan setiap kewajiban sebagai umat beragama, dan lakukan usaha yang terbaik. Agar kemenangan demi kemenangan selalu bisa kamu raih.

7. Jadilah Tauladan Bagi Atlet Beladiri Lainnya

Sikap rendah hati harus dimiliki setiap atlet beladiri. Meskipun kamu sudah merajai banyak turnamen beladiri, namun sikap sombong harus dibuang jauh. Semakin banyak medali kemenangan yang didapatkan, semakin banyak bonus finansial yang dikantongi, seorang atlet harus tetap rendah hati.

Bagikan ilmu dan pengalaman sebagai atlet beladiri. Agar semakin banyak orang yang bisa mengikuti jejak keberhasilan kamu. Dengan cara itu, kamu akan semakin disegani dan menjadi tauladan bagi atlet beladiri lainnya.

Nah, beberapa kiat di atas sangat penting diperhatikan, kalau kamu benar-benar ingin menjadi atlet beladiri berprestasi. Mungkin saja masih ada berbagai kiat penting lainnya. Kamu bisa bertanya dengan pelatih, agar semakin mudah menggapai impain sebagai atlet beladiri yang bergelimang medali.







Komentar

Posting Komentar