Fungsi dan Cara Menggunakan Handwrap Secara Benar

cara memakai handwrap
Praktisi beladiri pastinya tidak asing dengan hand wrap. Perlengkapan latihan ini khususnya digunakan saat melatih pukulan dengan sasaran sandsack. Bisa juga digunakan sebelum menggunakan sarung tinju. Nah, apa sebenarnya fungsi dari handwrap tersebut? Sekaligus bagaimana cara pemilihannya, agar fungsinya maksimal?


Bentuk dan Ukuran Handwrap

ukuran handwrap
Sumber: nystrade.com
Bentuk handwrap berupa kain dengan panjang dan lebar tertentu, yang digunakan untuk melilit bagian tangan. Bahan yang digunakan juga beraneka ragam. Tetapi biasanya menggunakan bahan cotton polyester, cotton elastis atau cotton halus. Sehingga setiap produk handwrap, bisa saja memiliki bentuk, ketebalan, kehalusan dan kelenturan yang berlainan.

Secara umum, panjang handwrap yang digunakan untuk orang dewasa adalah 4,5 meter hingga 5,5 meter. Sedangkan lebarnya sekitar 5,5 centimeter. Nah, untuk handwrap khusus anak-anak, memiliki panjang sekitar 3 meter. Varian warna handwrap sangat beragam, seperti merah, hitam, putih, biru, kuning dan sebagainya.

Apakah Fungsi Handwrap?

panduan memakai handwrap
Sumber: www.rappler.com
Pada dasarnya, handwrap berfungsi sebagai pelindung buku jari, dan juga pergelangan tangan saat melancarkan pukulan ke sandsack, punching pad, dan sebagainya. Saat pukulan melesat dan mengenai target akan terjadi benturan pada pergelangan tangan, dan buku-buku jari. Benturan yang berulang-ulang tersebut bisa berpengaruh pada posisi persendian tangan.

Nah, risiko tersebut bisa dicegah, dengan penggunaan handwrap. Cedera bisa diantisipasi, karena pelindung tangan tersebut mampu meredam pukulan, dan menghindari pergeseran posisi sendi. Pemakaian handwrap juga bisa melindungi kulit, supaya tidak mudah lecet.

Cara Memakai Handwrap

Fungsi dan Cara Menggunakan Handwrap
Sumber: Youtube.com
Faktor kenyamanan tangan harus diutamakan, agar tetap bisa berlatih pukulan lebih maksimal. Jumlah lilitan bisa disesuaikan dengan ukuran tangan. Bisa juga memperbanyak lilitan di bagian tertentu, yang kamu anggap membutuhkan perlindungan lebih.

Penting untuk diperhatikan adalah tidak melilitkan handwrap terlalu kencang. Karena lilitan yang terlalu kencang bisa mengakibatkan terhambatnya peredaran darah di daerah tangan. 

Tentunya bila aliran darah tidak lancar akan menyebabkan gangguan kesehatan. Rasa nyaman pun tidak akan dirasakan. Jadi, harus dipastikan lilitannya tetap membuat tangan dan persendian jari terasa nyaman.

Cara pemakaian handwrap dengan dililitkan atau dibebat, mulai dari pergelangan tangan, punggung tangan, telapak tangan, hingga menutupi pangkal jari. 

Pada bagian atas buku jari bisa dililitkan lebih banyak, yang berfungsi sebagai bantalan pukulan. Kamu juga bisa menggunakan handwrap versi pendek, yang hanya membungkus pergelangan tangan, dan pangkal jari saja.

Simak Cara Memakai Handwrap secara benar di artikel How to Wrap Your Hands dari Expertboxing.com.

Rekomendasi Handwrap Berkualitas

handwrap berkualitas
Sangat banyak produk handwrap yang beredar di pasaran, baik buatan lokal maupun luar negeri. Nah, bagi kamu yang berlatih Muay Thai, Boxing, Jeet Kunde, MMA, dan sebagainya, sangat penting menggunakan handwrap yang tepat saat sesi latihan. 

Agar tangan tetap terlindungi dari lecet, dan risiko cedera lainnya. Kamu bisa berlatih lebih maksimal, karena bagian tangan sudah terlindungi. Berikut ini rekomendasi handwrap di aplikasi Bukalapak. 




Komentar