Inilah Manfaat Latihan Push Up dan Variasi Latihannya

manfaat latihan push up
Kamu ingin memiliki tubuh atletis? Caranya mudah. Rajinlah melakukan latihan push up. Pola gerakannya sangat membantu membentuk otot perut, punggung, lengan, dan otot dada. Tubuh pun makin lentur, sehingga para praktisi beladiri harus rajin melakukan push up. Keuntungan lain adalah tubuh makin bugar, dan metabolisme tubuh semakin baik. Peredaran darah semakin lancar, sehingga kesehatan semakin prima.

Manfaat Latihan Push Up

Gerakan push up sangat sederhana, tetapi mempunyai manfaat luar biasa bagi tubuh. Itulah kenapa para praktisi beladiri, tidak pernah meninggalkan latihan fisik tersebut. Tidak hanya membentuk tubuh yang bagus, tetapi kekuatan otot juga semakin meningkat. Nah, apa sajakah manfaat dari latihan push up?

1.       Pembentukan Otot Tubuh
Gerakan push up menjadikan sejumlah otot tubuh semakin terlatih. Sehingga otot lengan, dada, dan bahu depan semakin kuat. Otot bisep dan trisep berkembang semakin kuat. Ketika gerakan tubuh naik turun, maka seluruh bagian otot penggerak akan meningkatkan kekuatan dada.

Tidak hanya itu saja, serabut otot kecil yang berada di lengan belakang semakin terlatih dan menjadi lebih kuat. Nah, melalui latihan yang rutin, maka otot-otot di bagian bahu, lengan dan dada akan semakin terbentuk dengan alami. Sekaligus menjadikan otot-otot tubuh di bagian atas semakin berkembang.

2.       Otot Perut Semakin Kuat
Tidak adanya lengkungan di bagian tulang belakang adalah salah satu inti dari gerakan push up, yang dianggap paling tepat. Ketika tubuh melakukan gerakan naik dan turun, biasanya akan terlihat lengkungan tersebut. Jadi, kalau saat melakukan geakan tersebut, seluruh bagian tulang belakang terlihat rata, nah itulah gerakan push up yang benar.

Jangan dianggap sepele, karena kesalahan gerakan dalam push up bisa saja mengakibatkan cedera tulang belakang. Kesalahan itu karena tulang belakang ikut tertarik ke arah bawah. Gerakan tulang belakang yang stabil, dan rata secara signifikan bisa meningkatkan kekuatan otot perut.

3.       Meningkatkan Kekuatan Tulang
Tulang rapuh, nyeri sendi, dan tulang keropos adalah sejumlah permasalahan tulang, kala usia semakin senja. Bila selama muda tidak pernah ada upaya untuk menjaga atau meningkatkan kekuatan tulang, bisa saja kamu menderita berbagai permasalahan tulang tersebut.

Nah, kabar gembiranya gerakan push up ternyata sangat membantu dalam meningkatkan kekuatan tulang. Sehingga kekhawatiran keluhan tulang tersebut bisa diantisipasi lebih dini. Latihan push up akan memperkuat tulang rawan di bagian bahu, lengan, pergelangan tangan, dan juga kaki.

4.       Otot Dada Bertambah Kuat
Ketika melalukan gerakan push up, bagian dada memiliki peranan besar agar latihannya sempurna.  Latihan push up akan memaksa otot pektoralis atau otot dada, agar menekan dan menarik tubuh, tanpa mengandalkan tumpuan pada bagian tubuh lainnya.

Nah, itulah kenapa kalau kamu berlatih push up dengan teratur, maka sangat membantu menjaga otot dada. Sekaligus merangsang massa otot berkembang dengan sehat. Dengan dada yang sehat, dan kuat, sudah pasti sangat mendukung performa dalam latihan beladiri.

5.       Masa Otot Bisep dan Trisep Semakin Meningkat
Kamu bisa membentuk massa otor bisep dan trisep, dengan rajin berlatih angkat beban. Tetapi kamu juga bisa menggantinya dengan latihan push up secara rutin. Karena gerakan pada push up, sangat efektif untuk meningkatkan kinerja otot bisep dan otot trisep.

Hasil latihan tersebut bisa dirasakan, karena adanya gerakan naik dan turun, dibarengi denan tekanan pada otot lengan. Bila kamu melakukan latihan push up dengan benar, maka otot bisep dan trisep akan berkembang begitu cepat.

6.       Otot Bahu Semakin Stabil
Bahu yang tidak seimbang adalah kelainan yang bisa menimpa siapa saja. Nah, salah satu cara yang bisa diandalkan untuk mengatasinya adalah dengan rutin melakukan latihan push up

Ketika melakukan gerakan tersebut, maka kekuatan otot bahu berada di bagian otot deltoid atau otot bahu atas. Nah, otot tersebut akan menjaga gerakan bahu supaya tetap seimbang, stabil, dan kuat.

7.       Jadikan Perut Sixpack
Biasa dikatakan setiap orang ingin perutnya terlihat sixpack, terutama para lelaki. Kalau kamu rajin melatih gerakan push up, keinginan itu bisa cepat menjadi kenyataan. Latihan tersebut akan membantu mempertahankan seluruh otot tulang belakang, otot pinggul, dan otot perut.

Ketika tubuh melakukan gerakan naik dan turun, maka otot perut akan berupaya guna mempertahankan bentuknya. Nah, dengan metode tersebut, maka otot perut bisa terus terlatih, dan otot perut nampak semakin kuat.

8.       Postur Tubuh Semakin Baik
Postur tubuh yang baik, pastinya semakin mendukung penampilan. Berbagai permasalahan postur tubuh itu, antara lain lengan kurang stabil, bahu tidak seimbang atau tulang belakang terlihat kurang tegak.

Kabar gembiranya, bila mengalami permasalahan tersebut, kamu tidak harus menjalani terapi medis. Karena bisa menggantinya dengan melakukan latihan push up secara teratur. 

Dengan latihan tersebut, otot tubuh semakin terlatih. Kemudian otot bahu, otot lengan, dan otot dada semakin kuat. Dengan begitu, postur tubuh akan nampak semakin baik dan menarik.

9.       Ukuran Tubuh Semakin Seimbang
Bagi yang tidak paham, latihan push up dikira hanya akan memperbesar otot dada, lengan dan bahu saja. Sehingga bagian tersebut akan menjadi lebih besar, ketimbang bagian tubuh lainnya. Dengan begitu, ukuran tubuh terlihat tidak seimbang.

Anggapan tersebut sangat salah. Karena saat melatih berbagai otot tersebut, bagian otot panggul, tulang belakang, dan otot perut juga ikut bekerja. Dengan demikian, gerakan push up tetap memberikan keseimbangan ukuran tubuh. Sebab terbentuk sekaligus otot bagian bawah dan atas.

10.   Otot Jantung Kian Terlatih
Latihan push up tidak hanya untuk memperkuat otot bagian tubuh saja. Tetapi juga bisa meningkatkan otot di bagian dalam tubuh, salah satunya adalah otot jantung. Sehingga seseorang yang sangat rajin melakukan push up bisa mempunyai otot jantung yang kuat.

Manfaat itu bisa dirasakan tentunya kalau kamu melatihnya secara rutin. Karena bisa mendukung otot jantung bekerja semakin banyak. Dengan begitu, aliran darahnya pun semakin kuat. Kondisi bagus itu juga menjadikan sistem metabolisme tubuh bertambah baik.

11.   Bisa Memperbesar Ukuran Payudara
Setiap wanita sangat menginginkan memiliki payudara yang indah, sehat, dan dengan ukuran yang ideal. Sayangnya, tidak semua perempuan memiliki ukuran payudara yang proporsional. Sehingga sering kali minder terhadap penampilannya, yang dianggapnya tidak menarik.

Nah, agar ukuran dada wanita bisa meningkat, tidak perlu menggunakan obat-obatan yang belum tentu terjamin keamanannya bagi kesehatan. Kamu bisa melakukan latihan push up secara rutin. Manfaatnya akan membuat payudara semakin kencang, otot dada semakin kuat, dan membantu meningkatkan ukurannya.

Otot dada menjadi lebih kuat, saat sistem ototnya bisa menyuplai cairan, sehingga bisa menambah kekuatan otot dada. Nah, kondisi itulah yang menjadikan atlet wanita nampak selalu bugar. Dikarenakan aktivitas fisiknya berupa latihan push up, selalu dilakukan dengan disiplin.

12.   Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Gerakan push up yang dilakukan secara berkala, sangat mendukung tubuh semakin sehat dan bugar. Sekaligus bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh kamu tidak rentan sakit. 

Jadi, jalani pola makan sehat, istirahat teratur, dan berolahraga secara rutin. Salah satunya dengan rajin berlatih push up. Agar imunitas tubuh tetap terjaga, dan tidak gampang sakit.

13.   Sistem Metabolisme Tubuh Semakin Meningkat
Permasalahan sistem metabolisme tubuh berdampak negatif, dengan mengakibatkan kegemukan, meningkatkan kadar lemak jahat di dalam tubuh, dan tingkat kesehatan yang menurun drastis. Karena sistem kerja tubuh, dan organ tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Semua permasalahan itu bisa dituntaskan dengan berlatih push up secara rutin. Otot yang dilatih bisa merangsang sistem otot di dalam tubuh. Dengan begitu, peredaran darah pun semakin lancar. Sistem metabolisme tubuh pun semakin baik, karena pembuluh darah bisa mengalirkan darah dan oksigen lebih lancar.

14.   Sebagai Pendukung Diet
Aktivitas fisik terbukti ampuh membakar lemak jahat di dalam tubuh. Sehingga tubuh yang kegemukan bisa terlihat semakin langsing. Untuk mendukung program diet, kamu bisa berlatih push up dengan teratur. Karena secara efektif bisa melunturkan lemak di daerah lengan, panggul, dan pantat.

Ketika melakukan gerakan push up, maka otot tubuh akan saling tarik-menarik. Sekaligus melakukan dorongan kuat, guna menahan bobot tubuh. Sistem metabolisme tubuh semakin baik, karena terbantu oleh sistem kerja otot. Nah, proses tersebut yang membantu pembakaran lemak secara efektif.

15.   Mencegah Serangan Osteoporosis
Gerakan push up akan merangsang otot dan tulang bekerjasama. Dengan begitu, bisa terbentuk otot dan tulang yang kuat pada bagian bahu, lengan dan dada. 

Tulang pun terjaga kepadatannya, sehingga ancaman osteoporosis atau pengeroposan tulang bisa dicegah. Tulang misa yang terletak di daerah pergelangan tangan, siku, lengan, dan bahu akan bertambah kuat.

16.   Mencegah Sekaligus Mengatasi Sarcopenia
Apakah yang dimaksud Sarcopenia? Keadaan saat massa otot menderita penurunan, yang diakibatkan oleh penuaan pada otot. Kondisi tersebut bisa terjadi karena seseorang kurang aktivitas fisik. 

Sehingga massa otot menjadi menurun. Nah, dengan latihan push up, sangat efektif untuk meningkatkan massa otot. Sehingga ancaman Sarcopenia bisa dicegah.

Variasi Latihan Push Up Guna Membentuk Otot Tubuh Lebih Optimal

Terdapat banyak variasi gerakan push up, yang bisa diterapkan oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Anda bisa menggunakan salah satunya yang paling disukai, atau melatih semua gerakannya. Agar manfaatnya pun bisa dirasakan lebih maksimal. Nah, apa saja variasi latihan push up, yang bisa kamu aplikasikan kapan saja?

1.       Wide Grip Push Up
variasi gerakan push up
Sumber Foto: www.mensfitness.com
Variasi gerakan tersebut fokus untuk membentuk otot dada. Gerakan awalnya dimulai seperti posisi push up pada umumnya. Kemudian dilanjutkan dengan menggeser telapak tangan, mengarah ke samping. 

Sehingga lebarnya melebihi bahu. Dengan posisi tersebut, menjadikan beban akan terkonsentrasi pada daerah bahu dan dada. Sehingga latihan tersebut sangat efektif, guna membentuk otot dada.

2.       Triangle Push Up
variasi gerakan push up
Sumber Foto: looklikeanathlete.com
Gerakan push up ini lebih fokus pada pembentukan otot tricep. Latihan dimulai dari posisi push up normal. Kemudian kedua telapak tangan didekatkan, sehingga terbentuk model segitiga. Bagian kaki harus dilebarkan, agar tubuh tetap seimbang. Beban tubuh akan berpusat di bahu dan tangan terutama otot tricep.

3.       Single Leg Raised Push Up
variasi gerakan push up
Sumber Foto: www.runnersworld.com
Gerakan push up ini fokus membentuk otot inti di sekitar perut, dan seluruh tubuh bagian atas. Cara memulainya dari posisi push up normal. Lalu mengangkat satu kaki, dan lakukan gerakan naik dan turun, dengan salah satu kaki tetap terangkat. Beban tubuh akan terkonsentrasi di daerah atas, karena hanya mengandalkan satu kaki sebagai penyeimbangnya.

4.       Clap Push Up
variasi gerakan push up
Sumber Foto: www.mensfitness.com
Otot lengan dan otot dada adalah target utama pada gerakan push up ini. Latihannya dimulai dari posisi push up normal. Kemudian dorong ke bawah, dan angkat tubuh sambil melakukan tepuk tangan. 

Lalu, tangan kembali mendarat ke lantai, dan kembali ke posisi semula. Jangan sampai tangan terkilir, saat telapak tangan mendarat. Jadi harus dilakukan dengan ekstra waspada.

5.       Spiderman Push Up
variasi gerakan push up
Sumber Foto: www.henripenners.com
Gerakan push up ini fokus untuk membentuk otot perut samping, dan otot dada. Latihan dimulai dari posisi push up normal. Kemudian ketika mendorong tubuh ke bawah, salah satu kaki ditekuk ke sampung. Sehingga lutut terlihat sejajar dengan posisi pantat.

6.       Knee to Chest Push Up
variasi gerakan push up
Sumber Foto: www.oxygenmag.com
Gerakan push up tersebut fokus meningkatkan otot dada dan perut. Cara latihannya dimulai dari posisi push up normal. Nah, saat mendorong tubuh ke bawah, lutut ditekuk sampai mendekati dada. Cara push up ini akan menekan otot perut bagian tengah.  

7.       Reverse Palm Push Up
variasi latihan push up
Sumber Foto: easidn.com
Otot bicep dan otot bahu menjadi fokus pada gerakan push up ini. Latihannya dimulai dari gerakan push up normal. Telapak tanganya diputar sampai jemari menghadap ke arah belakang. Memang terbilang sulit, karenanya kalau otot lengannya belum kuat jangan memaksakan diri untuk melakukannya.

8.       Finger Push Up
variasi latihan push up
Sumber Foto: https://id.pinterest.com
Otot lengan menjadi konsentrasi pada variasi gerakan push up tersebut. Posisi latihan dimulai dari cara push up normal. Kemudian jadikan jari-jari tangan sebagai pusat tumpuan. 

Otot lengan dan otot jari yang kuat sangat diperlukan dalam gerakan tersebut. Kalau dilatih secara disiplin, maka bagian lengan dan jari akan semakin kuat. Daya cengkeram tangan pun bertambah kuat.

9.       Knuckle Push Up
variasi latihan pushup
Sumber Foto: http://community.tribesports.com
Para praktisi beladiri biasanya sangat senang melakukan gerakan push up ini. Bagian pergelangan tangan menjadi fokus dalam latihan tersebut. Gerakannya sama dengan push up normal. 

Hanya saja kedua tangan dikepalkan, dan memanfaatkan ujung kepalan sebagai penahan tubuh. Variasi gerakan push up ini bermanfaat sekali untuk meningkatkan kekuatan pukulan.

10.   One Arm Push Up
variasi gerakan pushup
Sumber Foto: www.chromesa.co.za
Otot lengan menjadi target pada variasi gerakan push up ini. Cara memulai latihan dengan berada di posisi push up normal. Kemudian kaki direnggangkan agar posisi tubuh lebih seimbang. Selanjutnya memiringkan tubuh ke salah satu arah tangan. Sehingga bagian tangan itu berada di tengah.

Nah, untuk tangan satunya ditaruh di bagian belakang punggung. Kemudian barulah memulai gerakan push up. Kekuatan lengan dan keseimbanan tubuh sangat diperlukan, untuk melakukan variasi gerakan tersebut. 



Sumber Referensi


Komentar

Posting Komentar