Inilah Teknik Olahraga Lari yang Tepat Agar Hasilnya Optimal

Kamu ingin memiliki tubuh yang sehat, dan postur yang bagus? Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah lari. Olahraga ini relatif murah, dan bisa dilakukan dimana saja. Meskipun gerakannya terlihat mudah, tetapi harus menerapkan teknik yang tepat. Agar bisa merasakan hasil yang lebih optimal. Nah, apa saja yang penting diperhatikan saat melakukan olahraga lari?


Perhatikan Teknik Saat Olahraga Lari

teknik lari
Sumber Foto: www.livescience.com
Teknik olahraga lari yang tepat harus senantiasa diterapkan di setiap sesi latihan. Supaya bisa menghindari risiko cedera, dan kamu bisa merasakan hasil latihan yang lebih optimal. Nah, bagaimana sebenarnya teknik berlari yang benar?
1.       Kondisi tubuh harus rileks
2.       Kepala harus tegak dengan pandangan horizontal atau menatap lurus ke depan
3.       Badan tidak bungkuk atau tegak, dan sedikit condong ke depan
4.       Tidak perlu mengangkat kaki terlalu tinggi. Melangkahlah dengan nyaman, dan lurus
5.       Ketika berlari tumpuan bukan pada ujung kaki, tetapi pada pertengahan kaki (telapak kaki bagian tengah sedikit ke depan)
6.       Posisi bahu jangan diangkat, jadi tetap santai
7.       Posisi tangan agak menggenggam, dan lengan membentuk sudut 90 derajat. Ayunkan lengan dengan rileks dan kontinyu. Biarkan lengan mengayun dengan rileks di samping tubuh
8.       Aturlah irama dan juga panjang langkahnya, supaya lebih tepat dan dilakukan secara teratur. Jadi langkah tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang
9.       Jangan menekan langkah terlalu keras saat mendarat ke tanah. Tetapi melangkahlah seakan-akan mendorong ke bagian depan atau propulsive

Nah, dengan penerapan berbagai teknik berlari di atas, maka bisa memberikan hasil yang efektif, dan menghindarkan kamu dari cedera. Agar risiko cedera bisa dicegah, jangan lupa untuk menggunakan sepatu lari yang nyaman. Gunakan pula pakaian yang nyaman, dan mudah menyerap keringat.

Bila masih pemula biasanya akan kerepotan untuk menerapkan berbagai teknik berlari tersebut. Tetapi kalau sudah terbiasa, maka teknik lari yang benar akan terbentuk. Untuk itu, kamu harus giat berlatih dan berkelanjutan. Dengan begitu, secara otomatis postur tubuh terbentuk lebih baik, dan bisa melakukan teknik berlari dengan tepat.

Pola Latihan Guna Menguatkan Otot Perut dan Otot Pinggang

Penting diketahui bahwa otot perut dan pinggang yang kuat, sangat diperlukan supaya tubuh tidak bungkuk atau bisa berdiri dengan tegak. Penguatan lengan dan tungkai juga penting, supaya tubuh semakin proporsional.

Berikut ini berbagai pola latihan yang bisa dilakukan, agar bisa meningkatkan otot pinggang dan otot perut.

1.       Push Up on The Wall
teknik lari
Sumber Foto: www.fitgirlcode.com
Tujuan latihan ini untuk meningkatkan kekuatan otot lengan. Caranya dengan berdiri di depan dinding, dan tempelkan kedua telapak tangan di dinding. Kedua tangan dibuka selebar bahu. Nah, kemudian lakukan gerakan push up. Lakukan gerakan tersebut 8 -10 repetisi, dan bisa diulang 5-10 set.

2.       High Knees
latihan otot paha
Sumber Foto: womensrunninguk.co.uk
Latihan ini bermanfaat untuk menguatkan otot paha. Sekaligus melatih refleks postur yang tepat ketika berlari. Cara melakukannya dengan menghadap ke dinding, dengan jarak dua kaki. Tangan dibuka selebar bahu, dan kedua telapak ditempelkan pada dinding.

Lalu, tubuh dicondongkan sedikit ke arah dinding. Selanjutnya, paha kanan diangkat membentuk sudut 90 derajat, dan dilakukan bergantian dengan paha kiri. Posisi pinggang harus stabil, jadi tidak goyang ke kanan dan ke kiri.

Lakukan gerakan tersebut secara perlahan, dan cobalah untuk meningkatkan kecepatan seperti sedang berlari. Gerakan ini bisa diulang 10-20 repetisi.

3.       Back Up
latihan backup
Sumber Foto: runner.id
Tujuan latihan ini adalah membentuk otot pinggang yang sempurna.  Jadi tidak tinggi sebelah. Cara melakukannya dengan telungkup di lantai. Posisi tangan dan kaki lurus. 

Kemudian angkat bagian tubuh atas setinggi mungkin, dengan menggenggam benda tertentu. Tujuannya agar gerakannya seimbang. Kamu bisa memegang botol minum atau Swiss Ball.

Saat mengangkat tubuh bagian atas harus ditahan selama 2-3 detik. Kemudian kembali ke posisi awal. Kamu bisa melakukan latihan ini sebanyak 8-10 repetisi, dan mengulangnya dalam beberapa set.

4.       Arm Swing
teknik lari
Sumber Foto: runner.id
Target latihan ini adalah agar teknik ayunan tangan semakin baik. Untuk melakukannya dengan berdiri, dan melangkahkan kaki kanan ke depan layaknya posisi lunge. Kemudian tekuk siku membentuk sudut 90 derajat.

Selanjutnya, gerakkan lengan kanan ke arah belakang, sedangkan lengan kiri ke depan. Tanpa mengubah posisi kaki, lakukan gerakan tersebut secara bergantian. 

Ayunkan lengan dengan rileks, seakan kamu sedang berlari. Gerakan ini bisa dilakukan sebanyak 10-15 repetisi. Sesudah itu lakukan pula dengan posisi kaki kiri di depan. 

Baca Juga
Bahaya Pakai Jaket Parasut Saat Olahraga Lari 

Sumber Referensi

http://runner.id/blog/mengenal-teknik-lari-yang-benar/

Komentar

  1. Berita Olahraga terupdate seputar Olahraga Sepak Bola Tim Manchester United
    Gabung bersama Fans MU Ikuti terus Update Setiap Harinya.

    BalasHapus

Posting Komentar