Manfaat dan Cara Latihan Handgrip, Agar Otot Tangan Semakin Kuat

manfaat latihan handrip
Olahragawan termasuk praktisi beladiri harus memiliki otot tangan yang kuat. Nah, salah satu alat yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekuatannya adalah handgrip. Alat fitnes ini bersifat portabel, dengan ukuran yang kecil. Sehingga kamu lebih mudah membawanya kemana saja. Apa saja manfaat dari latihannya, dan bagaimana cara melatih otot tangan menggunakan handgrip?

Manfaat Latihan dengan Handrip

Kekuatan otot tangan dan lengan bawah semakin meningkat, bila kamu rajin melakukan latihan dengan handgrip. Peralatan ini dirancang dengan handle yang nyaman, peer besi yang kuat, dan tidak membutuhkan tambahan energi apapun (baterai, listrik, dsb). Modelnya sangat sederhana, tapi bisa hasilkan manfaat luar biasa bila dilatih dengan disiplin.

Sebagian besar olahraga sangat membutuhkan kekuatan tangan yang prima, seperti beladiri, bulutangkis, tenis, golf, baseball, angkat besi, tinju, bola voli, bola basket, dan masih banyak lagi. 

Dengan kemampuan genggaman tangan yang kuat, maka performa atlet pun semakin handal. Nah, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa dirasakan, kalau melakukan latihan dengan handgrip?

1.       Meningkatkan Kekuatan Cengkeraman Tangan
Daya cengkeram yang kuat sangat diperlukan, tidak hanya bagi olahragawan tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Bila kamu rajin melatihnya dengan handgrip, maka akan merasakan perbedaannya. Apalagi bagi praktisi beladiri, kekuatan cengkeraman sangat berguna dalam teknik kuncian, bantingan, dan sebagainya.

Otot telapak tangan yang dilatih dengan handrip, bisa semakin kuat. Sehingga menjadikan cengkeraman kamu bisa semakin kuat.

2.       Membentuk Dan Menguatkan Otot Tangan
Latihan menggunakan handgrip tidak hanya membuat daya cengkeram meningkat. Tetapi juga bisa membentuk otot tangan, menjadi semakin keras dan kuat. Otot yang terbentuk baik bagian bawah maupun bagian atas. Saat melakukan pukulan, kekuatan otot tangan sangat berperan.

Power atau kekuatan pukulan semakin meningkat, dengan otot tangan yang kuat. Para praktisi atau atlet beladiri pastinya sangat membutuhkannya. Olahragawan yang berkecimpung di cabang olahraga lain pun, akan merasakan manfaat tersebut.

Kalau kamu senang bermain bulutangkis, tenis, bola basket dan sebagainya, bisa membedakannya. Saat kamu tidak pernah berlatih dengan handrip, dan setelah rajin melatihnya.

3.       Meningkatkan Kekuatan Otot Lengan
Latihan dengan handrip juga bisa meningkatkan kekuatan otot lengan. Terutama pada pembentukan dan penguatan otot tricep. Otot ini berada di bagian belakang lengan. Lengan kamu pun bisa terlihat lebih bagus, dengan otot tricep yang semakin kuat.

4.       Kamu Tampil Lebih Menawan
Pria identik dengan tubuh yang kuat, dan kekar. Jadi kalau kamu ingin tampil lebih menawan, berlatih dengan handgrip sangat disarankan. Pastinya setiap orang ingin terlihat lebih menarik, dengan bentuk tubuh yang lebih bagus.

Dengan latihan secara rutin dengan handrip, maka bagian telapak tangan,  pergelanan tangan, tangan, dan lengan memiliki otot yang kuat. Tentunya bukan hanya kaum pria saja yang ingin merasakannya. Kaum wanita juga boleh berlatih menggunakan handgrip. Karena relatif aman dan berguna  bagi siapa saja.

5.       Meningkatkan Kekuatan Pukulan
Praktisi beladiri sudah pastinya ingin memiliki pukulan yang kuat. Sehingga sangat berguna saat terdesak, atau pun saat mengikuti turnamen. Dengan menguatkan otot di bagian tangan, dan lengan, maka hasil pukulan kamu bisa semakin meledak.

Latihan Dasar Menggunakan Handgrip

Berbagai pola atau model latihan bisa kamu lakukan. Agar bisa merasakan manfaatnya lebih optimal. Cara penggunaan handrip sangat sederhana, cukup digenggam atau diremas berulang-ulang. 

Supaya tidak memicu cedera, sangat disarankan untuk melakukannya dalam keadaan tangan lurus. Mulai dari telapak tangan, sendi pergelangan tangan, hingga sendi siku harus diluruskan semuanya.

Selain untuk menghindari cedera otot, metode tersebut juga bisa memaksimalkan hasil pembentukan ototnya. Perlu diingat, untuk mencapai hasil latihan yang berkualitas memang tidak ada yang instan. Kamu harus melatihnya dengan konsisten dan berkelajutan. Nah, bagaimana latihan dasar handrip, yang bisa kamu lakukan?

1.       Hold Handgrip
cara latihan handgrip
Sumber Foto: www.bbc.co.uk 
Pola latihan ini bertujuan untuk menguatkan genggaman tangan. Cara melakukannya dengan menggenggam alat handrip selama lima menit. Kemudian lepaskan. Nah, agar hasil latihannya lebih optimal, kamu bisa menambah durasi waktunya agar lebih lama.

2.       Close Handgrip
Sumber Foto: www.news-medical.net 
Metode latihan dengan handrip ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otot di telapak tangan. Cara untuk melakukan pola latihan ini sangat mudah. Dengan menggenggam handrip, lalu melepaskannya. Latihan gerakan tersebut sedikitnya 50 repetisi. Kemudian kamu bisa melakukannya dalam beberapa set, sesuai dengan kemampuan.

3.       Down Handgrip
Sumber Foto: www.heavygrips.com 
Gerakan pada latihan tersebut, sama dengan pola close handgrip. Hanya saja posisi dari alat handrip terbalik. Bagian per besinya berada di posisi bawah, atau menghadap lantai.

Nah, itulah beberapa manfaat bila kamu rajin berlatih dengan handgrip. Mungkin saja masih banyak manfaat lain yang bisa dirasakan. Terkait dengan pola latihannya, kamu bisa saja menemukan berbagai variasi gerakan lainnya.

Untuk model dan merek produk handgrip di pasaran sangat beragam. Saat membeli pastikan nyaman digunakan, dan berkualitas. Supaya lebih tahan lama atau lebih awet. Belilah sepasang sehingga bisa digunakan bersamaan.

Baca Juga
9 Manfaat Beladiri Bila Dilatih Secara Disiplin

Sumber Referensi


Komentar

  1. terimakasih ilmunya gan

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. JAGUARQQ SITUS DOMINO99 POKER ONLINE DAN BANDARQ ONLINE

    * Dengan Minimal Deposit : Rp 15.000,-
    * Bisa deposit via pulsa XL dan Telkomsel
    * Minimal DP Via Pulsa 15.000 ( Tanpa Potongan )

    * Tersedia 9 Game Dalam 1 User ID
    + BANDARQ
    + ADUQ
    + SAKONG
    + DOMINO99
    + BANDAR66
    + POKER
    + BANDAR POKER
    + CAPSA SUSUN
    + PERANG BACCARAT

    * Bonus Rollingan 0,5% Setiap minggu
    * Bonus Referal 20% Seumur hidup

    - Kontak Kami -
    WA : +855964608606
    TELEGRAM : +855964608606
    LINE : csjaguarqq
    Website : JaguarQQ
    Klik Disini : BandarQ Online

    Kunjungi Juga BlogSpot Kami :

    JaguarQQ
    Kemenangan JaguarQQ
    Berita Gosip 
    Cerita Seks
    Sahabat Wisata

    BalasHapus

Posting Komentar