Tips Memilih Tempat Latihan Beladiri

Tips memilih beladiri
Keinginan untuk belajar beladiri, harus dibarengi dengan tempat berlatih yang memadai. Sehingga kamu bisa lebih optimal dalam menjalani latihan, dan juga merasakan hasilnya. Untuk itu, penting untuk selektif dalam pemilihan tempat atau sasana beladirinya. Nah, seperti apa panduan dalam memilih tempat latihan beladiri?


Ketahui Legalitas Perguruan Beladiri

Sangat banyak perguruan beladiri di Indonesia. Sebaiknya ketahui dahulu berbagai materi yang diajarkan. Sebagai contoh bila kamu lebih berminat belajar beladiri campuran atau Mix Martial Art (MMA), salah satu rekomendasinya adalah berlatih Jeet Kune Do.

Ada beberapa pilihan Perguruan Beladiri Jeet Kune Do di Indonesia. Perguruan Beladiri Jeet Kune Do Cek Jien Tao salah satunya. Perguruan ini berpusat di Kota Yogyakarta. Perguruan beladiri ini memiliki legalitas hukum yang jelas. Secara resmi, perguruan beladiri ini berdiri sejak tahun 1996.

Para siswanya bertanding di cabang beladiri Wushu Sanda. Sudah banyak prestasi ditorehkan, baik di kancah regional, nasional, dan bahkan internasional. Bagi yang tidak ingin berkecimpung sebagai atlet beladiri, tetap bisa mengikuti latihan reguler.

Pelatih yang Profesional

Saat berlatih beladiri, profesionalitas pelatih atau instruktur beladiri merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Setiap pelatih harus memiliki sikap disiplin yang tinggi, seperti selalu datang lebih awal di setiap sesi latihan, mampu membimbing siswa dengan baik, tidak emosional, tidak melakukan kekerasan fisik, dan sebagainya.

Seorang pelatih beladiri tidak hanya dituntut untuk mengajarkan semua materi ilmu beladirinya. Tetapi juga harus memantau perkembangan siswa didiknya. Dengan begitu, siswa bisa terus meningkatkan kemampuannya. Pelatih yang berdedikasi tinggi, pastinya akan totalitas dalam memberikan pelatihan. Tidak hanya sekadar menunaikan kewajiban melatih semata.

Tempat Latihan Luas dengan Fasilitas Lengkap

Selain dukungan pelatih yang profesional, keberadaan tempat latihan juga penting diperhatikan. Tempat berlatih haruslah nyaman, dengan luas yang memadai. Sehingga para siswanya bisa bergerak lebih leluasa. Selain itu, sasana atau tempat berlatih juga harus dilengkapi dengan fasilitas latihan yang memadai.

Tidak bisa dipungkiri, semakin lengkap fasilitas latihannya, bisa memberikan hasil latihan yang lebih memuaskan. Bila di sasana sudah tersedia matras, maka pelatih tidak ragu dalam memaksimalkan gerakan, seperti saat mengajarkan teknik bantingan. Siswa pun sangat senang melakukan sparring, karena berbagai protektor atau pelindung sudah disediakan.

Bisa Salurkan Siswanya untuk Mencetak Prestasi

Bila kamu menekuni ilmu beladiri dengan sangat serius, maka bisa dijadikan sebagai sarana mendulang prestasi. Kamu bisa mengikuti berbagai turnamen atau pertandingan beladiri. Kamu tidak hanya bisa mengharumkan nama perguruan beladiri saja. Tetapi juga bisa menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

Pengalaman mengikuti beragam pertandingan, keliling ke berbagai daerah bahkan negara, jaringan pertemanan, dana pembinaan besar dari pemerintah, dan sebagainya tentunya menjadi bonus tersendiri bagi seorang atlet. Berbagai hal tersebut bisa menjadi bekal sangat berharga bagi masa depan.

Perguruan beladiri yang baik sangat memerhatikan siswanya. Sehingga bagi yang memiliki kemampuan bagus, bisa disalurkan di setiap turnamen beladiri. Jadi, kalau kamu berminat menjadi atlet beladiri, tanyakan kepada tempat latihannya, apakah kamu bisa mengikuti berbagai pertandingan.

Biasanya sasana beladiri sudah menyiapkan program atau kelas khusus, bagi yang berminat meniti karir sebagai atlet beladiri. Nah, kamu bisa langsung mengikuti kelas tersebut. Agar impian kamu bisa tercapai di suatu saat nanti.

Apa yang Kamu Butuhkan dalam Belajar Beladiri?

Setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing ketika ingin belajar beladiri. Tujuan mereka sangat beragam, ada yang ingin menurunkan berat badan, ingin memiliki kemampuan membela diri, ingin mencetak prestasi dengan menjadi atlet, dan sebagainya.

Apapun tujuan kamu selama masih bersifat positif, tentunya sah-sah saja. Nah, sebagai referensi perguruan beladiri yang mengajarkan berbagai hal seputar ilmu seni beladiri adalah Jeet Kune Do Ciek Jien Tao.

Kamu bisa belajar beladiri praktis, dengan gerakan yang sederhana namun sangat efektif digunakan pada kondisi terdesak. Kamu akan belajar menguasai materi pukulan, tendangan, tangkisan, bantingan, kuncian, pelepasan, dan sebagainya.

Dengan berbagai materi beladiri tersebut sangat cukup sebagai upaya perlindungan diri. Bila kamu berminat mencetak prestasi di berbagai turnamen, dari tingkatan regional, nasional, hingga internasional, kamu akan disalurkan sebagai atlet Wushu Sanda.

Bila kamu di Jogja, dan sekitarnya,  bisa bergabung di Sasana Grha Karbol AAU atau Sasana ATK. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Hasan (0898-5000-747), atau Amin (08966-111-7879).


Komentar

Posting Komentar