Bahaya Pakai Jaket Parasut Saat Olahraga Lari

Olahraga lari memang menyehatkan asalkan dijalankan secara benar. Kalau kamu sering melakukannya saat siang hari dengan mengenakan jaket parasut, sangat disarankan untuk segera meninggalkan kebiasaan tersebut. Kenapa? Ternyata aktivitas tersebut justru berbahaya bagi kesehatan. Sebahaya apakah ancaman yang akan diderita? Dan apakah saran terbaik dalam melakukan olahraga lari?

Suhu Tubuh Meningkat dan Memicu Heat Stroke

Memang ketika berlari ketika cuaca panas keringat akan keluar begitu deras. Sayangnya, aktivitas fisik ternyata ini tidak baik bagi tubuh. Alasannya, karena bisa mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi. Sebab tubuh kehilangan banyak cairan, dan memicu peningkatan suhu tubuh. Kondisi itu bisa menyebabkan heat stroke, kalau tubuh tidak secepatnya mendapatkan cairan yang hilang.

Aktivitas lati memicu peningkatan suhu tubuh, dan tubuh meresponnya dengan mengeluarkan keringat. Dengan demikian, suhu tubuh bisa diturunkan. Adanya keringat sangatlah membantu dalam mendinginkan suhu badan. Nah, kalau cairan yang keluar berlebihan, maka dehidrasi akan menyerang. Suhu tubuh bisa meningkat melebihi 40 derajat celcius, dan bisa memicu heat stroke.

Jadi sangatlah jelas, kalau memakai jaket saat berlari justru akan menjadikan kondisi tubuh menjadi parah. Karena suhu tubuh bisa semakin tinggi. Inilah kenapa alasannya agar kamu menghindari aktivitas berlari di siang hari dengan menggunakan jaket.

Apa gejala dari serangan heat stroke? Nah, kalau tangan terasa dingin, pandangan berkunang-kunang, wajah nampak pucat dan bahkan tidak sadarkan diri, ini adalah beberapa gejalanya. Dampak buruk itu muncul karena tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan darah akan mengental. Akibatnya sirkulasi darah ke seluruh tubuh mengalami gangguan.

Kondisi buruk itu juga menyerang bagian otak dan jantung. Pada umumnya, kondisi heat stroke lebih banyak menyerang pelari jarak jauh. Olahraga lari sangat terbukti efektif dalam pembakaran lemak di dalam tubuh. Sehingga sangat tepat dilakukan bila ingin menurunkan berat badan.

Cara Hindari Dehidrasi dan Cedera

Memang berat badan akan berkurang lebih cepat dengan berlari menggunakan jaket parasut. Sayangnya, efek itu hanya dirasakan sesaat saja. Karena pengurangan bobot tubuh hanya dikarenakan banyaknya cairan tubuh yang keluar. Jadi, bukan karena lemak yang terbakar saat berlari.

Nah, jadi kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang benar dan maksimal dengan olahraga lari, maka sangat penting untuk hindari berlari memakai jaket. Lebih disarankan untuk mengenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Supaya terhindar dari dehidrasi, pastikan kamu sudah mengonsumsi air putih atau minuman isotonik.

Suhu tubuh yang normal adalah antara 36,1 hingga 37,2 derajat Celcius. Supaya mendukung proses metabolismen tubuh, maka suhu tubuh harus terjaga secara normal. Nah, kalau kamu menjalani aktivitas fisik, tubuh akan mengalami peningkatan suhu. Seperti ketika kamu melakukan olahraga lari. Meningkatnya kebutuhan energi guna menunjang kerja otot rangka, dan akan memicu peningkatan suhu tubuh.

Anjuran Konsumsi Air Minum Saat Berolahraga

Keseimbangan cairan tubuh harus tetap terjaga kala sedang berolahraga. Kalau tidak, maka kamu bisa mengalami dehidrasi atau cedera. Berikut ini anjuran konsumsi air minum, sebelum, saat melakukan dan pasca berolahraga menurut American College of Sport Medicine.

-          Sebelum Berolahraga. Konsumsi 500-600 ml air putih 4 jam sebelum berolahraga. Nah, kalau 2 jam setelah konsumsi air tersebut kamu tidak buang air kecil atau berkemih tapi warna urinnya gelap, sangat disarankan untuk minum lagi dengan takaran 3-4 ml per berat badan. Seagai contih berat badannya 60 kg, maka harus konsumsi air minum 180-300 ml. Kemudian 15 menit sebelum berolahraga sebaiknya konsumsi lagi 250-300 ml air putih. Sebelum menjalani latihan ada baiknya untuk menimbang bobot tubuh.

-          Ketika Berolahraga. Konsumsi air minumnya tergantung dari durasi latihannya. Kalau kurang dari satu jam, bisa konsumsi 100-250 ml setiap 15 menit sekali. Bila lebih dari satu jam, bisa mengonsumsi minuman penambah energi atau sport drink. Bagi kamu yang sedang berlatih beladiri, angkat beban, sepakbola, lari jarak pendek, sangat dianjurkan untuk mendapatkan asupan cairan tersebut.

-          Sesudah Berolahraga. Sangat dianjurkan untuk menimbang berat badan pasca latihan. Sebenarnya berkurangnya bobot tubuh tidak disebabkan oleh lemak tubuh yang berkurang. Tetapi lebih pada hilangnya cairan tubuh. Oleh karena itu, minumlah air putih sebanyak 600-700 ml untuk setiap 0,5 kg berat badan yang berkurang. Konsumsi secara perlahan hingga berat badannya kembali normal seperti sebelum latihan.

Tips Olahraga Lari Agar Tetap Menyehatkan


Agar kamu merasakan manfaat dari olahraga lari, maka pastikan sudah melakukannya dengan benar. Nah, apa sajakah tips yang dapat diaplikasikan?

1.       Pakai sepatu lari. Spesifikasi dan desain sepatu disesuaikan dengan penggunaannya. Oleh karena itu, penting pula memilih sepatu yang tepat. Bila tidak tepat, maka kram, luka pada kaki dan cedera lainnya bisa saja diderita.

2.       Kenakan pakaian yang nyaman. Hindari mengenakan pakaian seperti jaket parasut. Karena bisa menghambat penguapan keringat, yang mengakibatkan suhu tubuh terus meningkat. Pakaian harus mudah menyerap keringat, dan juga nyaman saat digunakan.

3.       Lakukan pernafasan yang tepat saat berlari. Pernafasan perut atau menarik dan keluarkan nafas melalui mulut. Cara ini bisa meningkatkan kekuatan saat berlari. Sehingga tidak mudah capai, dan bisa berlari dengan durasi yang mencukupi.

4.       Sesudah melakukan lari, jangan lupa untuk meluruskan kaki. Kemudian penuhi kebutuhan cairan tubuh, dengan konsumsi air putih. Nah, kalau keringatnya sudah kering segera mandi. Supaya kuman dan bakteri yang melekat pada tubuh bisa cepat disingkirkan.

Nah, itulah bahaya dari aktivitas lari memakai jaket parasut. Dengan mengetahui bahayanya, maka lebih yakin untuk menghindarinya. Jangan lupa pula untuk mengontrol asupan cairan tubuhnya. Sehingga olahraga lari secara signifikan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan dan penurunan berat badan.

Baca Juga
Inilah Teknik Olahraga Lari yang Tepat Agar Hasilnya Optimal

Sumber




Komentar

  1. Berita Olahraga terupdate seputar Olahraga Sepak Bola Tim Manchester United
    Gabung bersama Fans MU Ikuti terus Update Setiap Harinya.

    BalasHapus

Posting Komentar