Pentingan Mana? Makan Sebelum Atau Sesudah Berolahraga?

makan sesudah olahraga
Berolahraga secara rutin itu sangat menyehatkan. Tapi penting pula untuk memperhatikan pola makannya. Salah satunya terkait waktu yang paling ideal untuk makan. Apakah lebih bagus sebelum olahraga atau justru sebaliknya?

Bolehkah Olahraga Saat Perut Kosong?
Waktu makan yang tidak tepat bisa mengakibatkan perut terasa sakit saat menjalani aktivitas olahraga. Sistem pencernaan pun menjadi terganggu. Karena itu, pilihlah waktu yang tepat dan konsumsi makanan dengan porsi yang tepat pula.

Sebagian orang berasumsi kalau berolahraga saat perut kosong bisa mengoptimalkan pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh. Padahal saat seseorang berolahraga dengan perut kosong bisa menyebabkan tubuh mengalami kekurangan energi. Akibatnya olahraga yang dikalani tidak memberikan hasil yang signifikan.

Waktu yang Tepat untuk Makan Sebelum Olahraga
Pada dasarnya tubuh butuh waktu guna mencerna makanan. Sehingga dihasilkan energi yang menjadi bahan bakar untuk beraktivitas, dan juga berolahraga. Berapa waktu yang diperlukan untuk proses mencerna? Hal ini sangat tergantung dari jenis makanan dan jumlahnya.

Waktu cerna bisa lebih lama, kalau makanan kaya kandungan serat, protein dan lemak. Semakin banyak asupannya, maka akan semakin memperlama prosesnya. 

Nah, karena itu lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah kalori dan lemak sebelum olahraga. Contohnya, sereal dengan susu, dan roti gandum bersama telur. Sebaiknya kamu konsumsi makanan tersebut 3-4 jam sebelum lakukan olahraga.

Bagaimana kalau berolahraga di pagi hari sebelum sarapan? Kamu mungkin tidak suka konsumsi makanan berat di pagi hari. Karena itu, bisa menggantinya dengan asupan makanan ringan, seperti sereal, jus buah, atau yogurt rendah lemak. Kamu bisa mengonsumsinya sekitar 1-2 jam sebelum olahraga.

Waktu yang Tepat untuk Makan Sesudah Olahraga
Kalau kamu ingin mengonsumsi makanan sesudah olahraga, sebaiknya lakukan setelah 15-30 menit setelah olahraga. Cara ini sangat ideal guna mengganti energi tubuh. 

Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya protein, agar bisa membangun massa otot. Makanan dengan kandungan karbohidrat juga baik dikonsumsi, guna mengganti glikogen di dalam tubuh.

Menurut penelitian yang digelar di The Colorado State University Extension, makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan sedikit lemak sangat tepat dikonsumsi pasca olahraga. Sedangkan The Academy of Nutrition and Dietetics mengungkapkan kalau segelas cokelat yang rendah lemak bisa dijadikan selingan ideal sesudah berolahraga.

Penting untuk Diperhatikan!
Kesimpulannya adalah yang paling penting untuk diperhatikan adalah waktu, jumlah porsi, dan jenis makanannya, baik itu kamu mengonsumsi sebelum atau setelah olahraga. 

Seluruh zat gizi dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi tetap harus konsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan. Karena bisa berpengaruh pada kesehatan, dan termasuk berat badan.


Kalau kamu sangat memperhatikan asupan gizi saat sebelum dan sesudah berolahraga, maka sangat membantu mengoptimalkan pembakaran lemak dan kalori.

Komentar