Usia 5 Tahun Mau Belajar Olahraga Beladiri? Apa Rekomendasinya?

wushu taolu anak-anak
iwuf.org
Berlatih beladiri sangat banyak manfaatnya. Apalagi bila mau ditekuni sejak usia dini. Tubuh makin sehat, mental lebih kuat, dan tentunya bisa menjadi sarana meraih prestasi. Sejak usia 5 tahun, anak-anak sudah bisa dikenalkan dengan olahraga beladiri? Apa rokemendasinya?

Apa Manfaat Berlatih Beladiri?

wushu jogja
combatindia.org
Sangat banyak manfaatnya, bila anak rajin berlatih beladiri. Inilah beberapa diantaranya.

-          Punya Rasa Percaya Diri. Tidak semua anak memiliki kemampuan beladiri. Karenanya, dengan keahlian beladiri bisa menumbuhkan rasa percaya diri.

-          Tumbuhkan Disiplin. Anak-anak harus datang tepat waktu, dan mengikuti sesi latihan dengan rajin. Termasuk mengikuti semua peraturan di tempat latihan. Dengan begitu, menumbuhkan rasa disiplin.

-          Saling Menghormati. Meskipun merasa sudah jago, bukan berarti boleh menyombongkan diri. Tetap harus saling menghormati, dan tidak pernah meremehkan siapa pun.

-          Sportivitas. Sikap sportif selalu dijunjung tinggi, baik saat latihan maupun pertandingan. Kecurangan hanya akan merugikan diri sendiri, bahkan nama baik perguruan, bahkan sebuah bangsa.

-          Persaudaraan. Interaksi dengan pelatih, dan sesama siswa akan memperbanyak teman. Bahkan akan terjalin persaudaraan yang kuat.

Kalau anak kurang olahraga beregu, belajar beladiri bisa menjadi pilihannya. Bagi anak-anak yang sulit belajar atau hiperaktif sangat cocok mengikuti kelas beladiri. Sebab, mereka akan belajar teknik latihan yang terstruktur, dan memerlukan konsentrasi.

Nah, itu hanya beberapa manfaat saja, pastinya masih banyak keuntungan lain yang bisa dirasakan setiap anak.

Rekomendasi Olahraga Beladiri untuk Anak-Anak?

wushu taolu jogja
iwuf.org
Salah satu rekomendasi cabang olahraga beladiri untuk anak-anaka dalah Wushu. Ilmu beladiri ini berasal dari Tiongkok (Cina). Cabang olahraga ini terdiri atas dua kategori, yakni Wushu Taolu dan Wushu Sanda. Keduanya dipertandingkan, mulai dari kejuaraan regional hingga internasional.

Wushu Taolu adalah nomor peragaan jurus, baik tangan kosong maupun bersenjata, seperti toya, pedang, golok, tombak, dan sebagainya. Jurus Tai Chi juga termasuk dalam kategori ini. Sedangkan Wushu Sanda adalah nomor pertarungan tangan kosong.

Taolu dan Sanda bisa dipelajari sejak kecil. Tetapi bagi yang masih berusia 5 tahun, lebih disarankan untuk berlatih di kelas Taolu dulu. Kelenturan tubuh adalah latihan pertama yang harus dilakukan. Seterusnya kecepatan, keseimbangan, ketangkasan, stamina, refleks, dan jurus.

Kelenturan otot pada anak akan memudahkan mereka mengikuti instruksi yang diberikan pelatih. Ketenangan dan konsentrasi sangat diperlukan dalam mempelajari gerakan Wushu. Penghayatan pada setiap gerakan, semakin mudah bagi anak untuk menghafalnya dan memperagakannya dengan sempurna.  

Bila dianggap bagus, maka anak bisa mengikuti turname. Ketepatan gerakan, ekspresi wajah, keindahan kostum adalah instrumen yang akan dinilai. Seringlah mengikuti pertandingan, agar banyak pengalaman, dan menggapai prestasi membanggakan.

Dimana bisa belajar Wushu Taolu di kawasan Jogja? Bisa berlatih di Sasana Wushu Sinduadi, dan Sasana Wushu Gelora Mataram di GOR UNY.


Selamat berlatih...

Komentar