Ternyata Ini Manfaat Lain dari Latihan Pukulan


manfaat latihan pukulan
www.timeout.com
Hampir semua beladiri memiliki teknik pukulan dengan bentuk dan sasaran tersendiri. Melatihnya menggunakan sandsack atau sparing dengan teman, tak hanya menjadikan pukulan kamu semakin hebat. Nah, apa saja manfaat lain dari latihan pukulan?

Otot Lengan dan Pundak Semakin Kuat
manfaat latihan pukulan
www.istockphoto.com
Saat ini lengan kamu bergelambir? Biasanya lengan cewek lebih gampang bergelambir. Soalnya bagian lengannya bisa menyimpan lemak lebih banyak, ketimbang cowok. Tapi kalau kamu rajin melatih pukulan, lengan yang dulunya bergelambir bisa terlihat lebih kencang. Oleh karena otot bagian lengan dan tangan semakin terbentuk.

Gerakan pukukan baik itu jab, strike, hook, uppercut dan sebagainya bisa melatih kekuatan otot bisep, trisep, bahu dan tubuh bagian atas. Selain itu, juga bisa mengencangkan otot lengan. Jadi semakin sering kamu melatih pukulan, sudah pasti bakal memiliki lengan yang berotot dan tidak bergelambir.

Bantu Bakar Kalori Secara Maksimal
manfaat latihan pukulan
boaforma.abril.com.br

Latihan juga sangat menguras tenaga.  Setidaknya sebanyak 200 hingga 300 kalori bisa terbakar dengan melatih pukulan selama satu jam saja. Tentunya kalau dilakukan dengan rutin, maka sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Jadi kalau tujuan kamu berlatih beladiri untuk memiliki tubuh ideal, maka rajinlah melatih pukulan.

Tidak hanya itu saja manfaatnya, sebab kebugaran organ paru-paru dan jantung kamu juga semakin meningkat. Kalau kamu rajin berlatih pukulan, maka detak jantung makin teratur. Sedangkan paru-paru semakin efektif dalam mengambil nafas. Wajar saja tubuh semakin segar, bila rajin melatih pukulan.

Bikin Otot Inti Makin Kuat dan Bentuk Perut Rata
fungsi latihan pukulan
supergym.tomsk.ru
Serangkaian otot yang terbentang mulai otot dada bawah, perut, punggung sampai daerah panggul inilah yang disebut sebagai otot inti. Fungsinya adalah melindungi dan menstabilkan tulang belakang. Sekaligus menjalin kerjasama di setiap gerakan tubuh.

Sayangnya tidak semua orang yang tubuhnya bugar bukan berarti memiliki otot inti yang kuat juga. Namun dengan melatih gerakan pukulan secara benar dan teratur, maka sangat menunjang penguatan otot inti. Selain bisa membuat tubuh makin bugar, latihan pukulan juga membantu meratakan perut. Sehingga tubuh Anda terlihat semakin atletis.

Latih Keseimbangan dan Kekuatan Tubuh
manfaat melatih pukulan
www.stack.com
Gerakan pukulan yang cepat dan spontan menuntut kamu agar senantiasa sigap. Sekaligus menyeimbangkan tubuh saat menghindari pukulan lawan yang keras atau sekadar bertahan. Keseimbangan tubuh sangat dibutuhkan, khususnya saat kamu ingin melancarkan pukulan balik. Sehingga tubuh kamu tidak oleng atau terjatuh ketika mengayunkan pukulan.

Latihan pukulan bisa melatih otot ini, sehingga sangat membantu pembentukan postur tubuh lebih baik. Selain itu, bisa merasakan stabilitas dan fleksibilitas otot tulang belakang, punggung dan perut. Manfaat lainnya dari berlatih pukulan adalah meredam keausan tulang belakang. Sekaligus untuk mengasah kemampuan motorik halus.

Wajar saja kalau reaksi kamu lebih cepat dan seimbang, saat merespon gerakan secara tiba-tiba. Dengan postur dan keseimbangan tubuh yang semakin baik, maka bisa mencegah risiko cedera. Jadi mulai sekarang harus melatih pukulan dengan rajin ya!

Bantu Redakan Stres
fungsi latihan pukulan
freepik.com
Berlatih pukulan dengan benar dan rajin, ternyata tidak hanya berpengaruh pada performa fisik yang semakin prima. Namun, bisa juga membantu meredakan permasalahan psikis seperti stres. Aktivitas memukul sandsack dan sparing bisa membantu kamu dalam mengelola emosi. Dengan cara yang lebih menyehatkan.

Melatih pukulan bisa sebagai sarana untuk melupakan amarah atau emosi yang dipendam di dalam hati. Beban pikiran atau emosi yang dibiarkan menumpuk justru bisa memicu permasalahan baru. Sehingga meluapkannya dengan cara yang sehat sangat dianjurkan. Salah satunya dengan berlatih pukulan.

Nah, itulah manfaat lain bila Anda rajin berlatih pukulan. Tentunya gerakan lain seperti tendangan, tangkisan, kuncian, bantingan dan sebagainya memiliki manfat tersendiri bagi kesehatan. Secara umum, gerakan beladiri sangat bagus bagi anak-anak hingga orang dewasa.

Jadi rajinlah melatih seluruh gerakan yang diajarkan. Sehingga kamu bisa menguasai seluruh teknik beladirinya. Selain mahir membeladiri, kamu pun bisa mendapatkan bonus berupa postur tubuh atletis, badan semakin sehat dan bugar. Selain itu, tentunya bisa membantu meredakan beragam beban pikiran.


Komentar