Kenapa Harus Latihan Beladiri? Ini Manfaat yang Bisa Dirasakan

privat wushu sanda
chinadaily.com.cn

Berbagai hal positif bisa dirasakan dengan rajin berlatih beladiri. Sehingga olahraga ini sangat bagus bila dilatih sejak dini. Dengan begitu anak-anak bisa merasakan manfaatnya hingga kelak dewasa nanti. Nah, apa sajakah manfaat latihan beladiri?

Tubuh Makin Sehat

Aktivitas latihan beladiri akan membuat tubuh aktif bergerak. Keringat yang mengucur sebagai pertanda kalau olahraga ini sangat efektif. Aktivitas ini sangat mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh. Sehingga semakin mempertebal sistem ketahanan tubuh agar tidak mudah sakit.

Sekaligus menjadikan tubuh selalu bugar untuk melakukan beragam aktivitas lainnya. Olahraga beladiri juga sangat efektif untuk membentuk tubuh lebih ideal. Sehingga kamu bisa tampil dengan tubuh atletis. Pastinya bisa semakin meningkatkan rasa percaya diri, karena tampil lebih sempurna.

Berlatih beladiri tentunya juga tidak hanya untuk mereka yang ingin jadi atlet beladiri saja. Namun, juga sangat disarankan untuk setiap orang. Oleh karena banyak manfaat lain yang bisa dirasakan. Jadi ikutilah kelas beladiri yang disenangi, dan berlatihlah dengan tekun. Agar tercapai hasil positif yang diharapkan.

Kuasai Ilmu Pertahanan Diri

Cabang beladiri Wushu Sanda mengajarkan teknik pertahanan diri yang relatif mudah dipelajari dan diaplikasikan. Dengan begitu, bila dalam kondisi terdesak bisa memanfaatkannya. Sehingga Anda bisa melakukan pertahanan diri bila mendapatkan serangan.

Ilmu self defence atau pertahanan diri sangatlah penting bagi anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai teknik bisa diterapkan, agar kamu bisa keluar dari ancaman pihak yang berniat jahat. Latihan rutin membuatmu memahami tekniknya dengan benar, dan mengaplikasikannya secara tepat.

Punya Rasa Hormat Kepada Orang Lain

Selalu menghargai kemampuan orang lain atau lawan saat pertandingan adalah salah satu manfaat dari belatih beladiri. Siswa beladiri akan diajarkan untuk menghormati sesama rekan latihan dan pelatih atau instrukturnya. Cara memberikan penghormatan ini tentunya berbeda-beda untuk setiap cabang olahraga beladiri.

Pelatih beladiri yang berkualitas pastinya tidak hanya mengajarkan ilmu beladirinya saja. Akan tetapi juga rasa hormat kepada siapa saja. Sehingga tidak muncul sikap sombong, meskipun memiliki kemampuan lebih daripada orang lain.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Melalui latihan yang rutin dengan mengikuti seluruh arahan pelatih, maka jiwa percaya diri akan terbentuk pada setiap siswa. Untuk mengukur kualitas kemampuan atau kurikulum yang dicapainya biasanya digunakan sistem peringkat sabuk. Kemampuan penyerapan ilmu beladiri juga bisa dibuktikan dengan mengikuti berbagai pertandingan yang disarankan oleh pelatih.

Dengan mengikuti prosesi kenaikan sabuk, pertandingan, performance untuk momen khusus dan aktivitas lainnya, maka rasa percaya diri pun bisa semakin meningkat. Oleh karena sudah terbiasa tampil di depan umum. Jadi inilah salah satu keuntungan belajar beladiri semenjak kecil.

Latih Kekuatan Tubuh

Rajin berlatih beragam gerakan beladiri secara benar, akan membuat otot-otot tubuh terbangun dengan baik. Aneka gerakan Wushu Sanda akan melibatkan berbagai anggota tubuh, seperti  tangan, kaki, pinggul, dada, punggung, lengan, bahu dan sebagainya. Sehingga semakin dilatih, maka fleksibilitas dan koordinasi anggota tubuh pun semakin bagus.

Fokus Lebih Tajam

Latihan beladiri sangat efektif untuk meningkatkan ketajaman fokus dan konsentrasi. Karena kamu akan belajar bagimana caranya menanggulangi serangan lawan, yang datang tiba-tiba. 

Kemampuan analisa pun semakin bagus, sehingga bisa mengantisipasi serangan lawan secara efektif. Semuanya sangat bermanfaat saat sedang di arena pertandingan maupun ketika dalam kondisi diserang pihak jahat.

Tingkatkan Kecepatan Respons

Koordinasi tubuh serta otak, dan kecepatan respon bisa ditingkatkan dengan belatih beladiri secara teratur. Sebagai contoh ketika berlatih gerakan menghindar atau menangkis. Maka respons tubuh pun semakin baik, sehingga sangat efektif kala dibutuhkan.  

Mendulang Prestasi

Wushu adalah cabang beladiri bergensi yang diperlombakan hingga tingkat Asian Games. Cabang olahraga beladiri ini terdiri atas tiga nomor yakni Sanda, Taulo dan Tradisional. Wushu Sanda bisa dipilih agar kamu bisa menguasai ilmu beladiri.

Berlatih Wushu Sanda bisa dijadikan alat pertahanan diri dan mendulang prestasi. Sangat banyak even turnamen yang bisa diikuti. Mulai dari level regional, nasional hingga internasional. Siapa yang rajin berlatih dan bertanding pastinya akan semakin menikmati manfaat berlatih beladiri ini.

Di Mana Tempat Latihan Wushu Sanda di Jogja?

Kamu bisa datang ke Sasana Jeet Kune Do Cek Jien Tao. Sasana Wushu Indonesia di Yogyakarta ini menempati GOR Ngampilan Yogyakarta sebagai tempat latihannya. Kamu bisa mengikuti kelas reguler dengan latihan dua kali dalam sepekan. Bagi yang tidak bisa mengikuti kelas reguler, bisa mengambil kelas privat. Sehingga waktu dan tempat bisa lebih fleksibel.

Bila ada informasi lain yang ingin ditanyakan, bisa menghubungi 08966-111-7879 (Call atau WhatsApp).

Komentar

Posting Komentar