Mok Yan Jong, Sejarah dan Fungsinya Sebagai Alat Latihan Beladiri


Bagi praktisi Wing Chun atau penikmat film IP Man, pastinya tidak asing lagi dengan alat latihan beladiri ini. Ya, namanya Mok Yan Jong atau Wooden Dummy atau Boneka Kayu Kungfu. Popularitasnya semakin memunjak berkat kesuksesan Donie Yen yang memerankan Grand Master Wing Chun, IP Man. Bagaimana sejarah dan apa fungsinya dalam latihan beladiri?

Sekilas Sejarah Mok Yan Jong
Kuil Shaolin dikenal sebagai kediaman para biarawan dan pendekar Kungfu. Beragam alat bantu digunakan dalam meningkatkan kemampuan ilmu beladirinya. Salah satu yang digunakan sejak abad 17 Masehi adalah Mok Yan Jong. Terutama bagi praktisi beladiri Wing Chun.

Ng Mui, seorang murid pendeta Shaolin dipercaya sebagai pencipta aliran beladiri Wing Chun. Selanjutnya teknik beladiri tersebut diajarkan kepada seorang wanita bernama Yim Wing Chun. Oleh karenanya, ilmu beladiri ini kemudian dikenal dengan sebutan Wing Chun.

Supaya menunjang latihan beladiri tersebut, maka diciptakanlah boneka kayu yang dirancang mirip rangkaian tubuh manusia. Karena itu pada Mok Yan Jong terdapat beberapa bagian yang mirip dengan lutut, kaki, dan dua lengan. Dengan alat bantu ini maka praktisi Wing Chun bisa berlatih lebih efektif.  Bisa sebagai sasaran pukulan atau tangkisan serangan lawan.

Berdasarkan arti harfiahnya, Mok Yan Jong adalah gelondongan kayu yang ditancapkan pada permukaan tanah. Batang kayu dengan karakteristik serat halus biasanya diandalkan sebagai materialnya. Seperti kayu mahoni, kayu jati, kayu dan sebagainya.

Nah, kalau dulu Mok Yan Jong ditancapkan di dalam tanah agar bisa berdiri, maka sekarang dilakukan modifikasi. Dengan memasang dudukan atau rangka, agar bisa berdiri sendiri. Sekaligus tetap mendukung latihan.

Mok Yan Jong didesain dengan memerhatikan bentuk serangan lawan. Sehingga penempatan kedua lengan ditempatkan padas sudut yang tepat. Setiap lengannya dipasangkan pada batang kayu gelondongan secara longgar. Jadi tetap bisa bergerak saat seseorang mengaplikasikan cara latihan Wing Chun. Dengan begitu, sangat mendukung teknik latihan pukulan dan tangkisan secara lebih presisi.

Jadi menggunakan Wooden Dummy sebagai alat latihan, menjadikan teknik menangkis dan menyerang lebih akurat. Selain itu membuat tangan semakin kuat, bertenaga, dan meningkatkan sensitivitas. Sekarang ini setidaknya terdapat 116 gerakan atau jurus baku untuk latihan bersama Mok Yan Jong. Seluruh jurus itu terangkum di dalam delapan bagian latihan.

Manfaat Latihan Menggunakan Mok Yan Jong
Mok Yan Jong memang ikonik dengan beladiri Wing Chun, meskipun bisa juga diaplikasikan oleh aliran beladiri lain. Berlatih dengan benar dan rutin pastinya akan membuahkan hasil yang memuaskan. Kalau masih ragu dengan kehebatan alat ini, berikut ini manfaat yang bisa didapatkan bila digunakan dalam latihan.
1.       Refleks Semakin Bagus
Kebiasaan dalam latihan dengan menerapkan pola tangkis, pukul dan ringkus, membuat kemampuan refleks semakin bagus. Apalagi bila kamu melatihnya dengan tempo yang cepat. Maka bila ada serangan dari lawan secara tiba-tiba, maka dengan cepat dan tepat kamu bisa menangkis sekaligus melayangkan serangan balasan.

Memang Boneka Kayu ini dirancang mirip lawan yang tengah menyerang. Dua batang lengan di bagian atasnya diibaratkan sebagai serangan atas (pukulan atau tendangan). Satu lengan di bagian tengah diibaratkan sebagai serangan bagian tengah. Sedangkan satu kaki di sisi bawah diibaratkan sebagai gerakan kaki lawan.

Dengan begitu, latihan dengan Mok Yan Jong akan meningkatkan kemampuan dalam pukulan, tangkisan dan ringkusan. Dengan latihan tepat dan teratur, maka refleks akan terbangun dengan sendirinya. Sehingga bila serangan datang, kamu pun sudah siap melancarkan tangkisan atau bahkan serangan balik untuk meringkus atau melumpuhkan lawan.

2.       Otot Dan Tulang Semakin Kuat
Pola latihan tepat dan teratur dengan sendirinya akan menguatkan tulang dan otot. Sehingga sangat bermanfaat dan mendukung kala harus menghadapi serangan lawan dengan lebih kuat. 

Melakukan berbagai gerakan seperti pukulan, tangkisan, tendangan dan ringkusan secara berulang kali akan menjadikan kamu lebih siap dan kuat menghadapi serangan lawan.

3.       Bisa Melakukan Gerakan Lebih Tangkas Dan Cepat
Kecepatan dan ketangkasan gerakan juga akan terbangun dengan latihan menggunakan Mok Yan Jong. Kemampuan ini pastinya sangat berguna dalam menghadapi serangan lawan. Kamu bisa semakin cepat dalam melakukan tangkisan atau pun serangan balik.

4.       Latih Imajinasi Dalam Pertarungan Jarak Dekat
Mok Yan Jong bisa dijadikan media imajinasi, seakan sedang menghadapi lawan sungguhan. Dengan begitu, kamu akan lebih terlatih untuk meladeni serangan jarak dekat. 

Selain berimajinasi menangkis serangan, kamu juga bisa mengaplikasikan serangan secara tepat dan akurat. Pada tingkatan advance atau menengah, latihan dengan Bonek Kayu itu juga bisa diimajinasikan seakan berhadapan dengan lawan bersenjata pendek, seperti bealti, pisau dan sebagainya.

Jadi, bisa disimpulkan kalau latihan dengan Mok Yan Jong bisa melatih aplikasi teknik beladiri dengan benar dan meningkatkan kekuatan. Berbagai teknik beladiri Wing Chun pun bisa dilatih dengan efektif. Beberapa teknik tersebut adalah sebagai berikut.

-          Teknik mendorong, menyerang lawan, serta meningkatkan kecepatan gerakan. Pada dasarnya semua aliran beladiri juga sangat memerlukan teknik tersebut dalam latihannya.

-          Teknik hentakan guna menarik lawan dengan cara memanfaatkan tenaga lawan secara efektif.

-          Teknik kekuatan tarikan, dengan menerapkan hentakan dan lecutan hentakan guna melumpuhkan serangan lawan. Gerakan ini memiliki karakteristik mematikan, karenanya penting untuk dilatih secara benar dan disiplin.

Setidaknya itulah teknik sederhana yang dikembangkan oleh Wing Chun. Namun bila mampu menguasainya maka siapa saja bisa menjadi ahli beladiri yang tangguh. Awal menggunakan Mok Yan Jong sangat wajar terasa menyulitkan. Namun, kalau sudah memahami maksud dan tujuan latihan, maka bisa mengikuti latihan dengan lebih menyenangkan.

Na, itulah sekilas sejarah terkait Mok Yan Jong, dan manfaatnya bila digunakan secara benar dan disiplin. Siapa saja bisa menjadi ahli beladiri yang mumpuni. Tentunya ditunjang oleh teknik latihan, alat latihan, ketekunan dan kedisiplinan dalam melakukannya.

Tempat Beli Mok Yan Jong Berkualitas dengan Harga Bersaing
Saat ini tidak sulit untuk mendapatkan seperangkat Mok Yan Jong. Secara umum, terdapat model rangka dan single, baik yang diletakkan di lantai maupun ditempelkan pada dinding. Penting untuk memilih model yang sesuai dan produsen terpercaya.

Harga Mok Yan Jong sangat dipengaruhi oleh model dan jenis kayu yang digunakan. Wajar saja bila harga yang dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Semakin bagus kualitasnya tentunya akan semakin tinggi harganya. Pastinya hal itu sangat wajar untuk mendapatkan produk yang sepadan.

Kalau masih ragu membelinya secara langsung, bisa memesannya melalui marketplace terpercaya seperti Bukalapak. Ada banyak pilihan model, bahan kayu, dan variasai harga. Sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

Komentar

Posting Komentar