Manfaat Berenang Bagi Atlet Beladiri


Manfaat Berenang Bagi Atlet Beladiri
swimswam.com
Selain menguasai teknik bertarung yang mumpuni, seorang atlet beladiri juga harus mempunyai stamina yang handal. Salah satu caranya dengan sering berenang. Nah, apa sebenarnya manfaat berenang bagi atlet beladiri?

Mampu Mengatur Pernafasan
Pada dasarnya hampir seluruh atlet dari cabang olahraga apapun membutuhkan kemampuan dalam mengatur pernafasan. Dengan olah nafas yang bagus maka sangat mendukung aktivitas olahraganya. Apalagi saat sedang di arena pertandingan.

Pernafasan adalah aspek sangat penting, yang berimbas besar pada kekuatan tubuh secara menyeluruh. Kalau nafasnya panjang maka mendukung stamina tubuh. Sehingga berbagai teknik beladiri bisa diaplikasikan lebih sempurna. Dengan begitu, kemenangan pun bisa diraih.

Bila kemampuan dalam mengatur pernafasannya buruk, maka membuat atlet beladiri mudah kehabisan energi atau tenaga. Sering setiap serangan yang dilancarkan tidak lagi tepat dan bertenaga. Bahkan untuk melakukan pertahanan diri saja tidak mampu lagi. 

Kalau tenaga sudah terkuras maka kekalahan akan mudah diderita. Apalagi kalau lawan masih mempunyai stamina bagus, maka dengan mudahnya menumbangkannya.

Otot Tangan dan Kaki Semakin Kuat
Kekuatan otot tangan dan kaki tentunya sangat penting bagi seorang atlet beladiri. Untuk menunjang kuda-kuda yang kokoh, serangan pukulan dan tendangan yang kuat. Saat berenang, bagian tangan dan kaki akan dilatih untuk aktif bergerak. Sehingga sangat membantu menguatkan otot-otot tangan dan kaki.

Jadi, ketika kamu memiliki otot tangan dan kaki yang kuat, maka mampu melakukan serangan dengan lebih percaya diri, terarah dan telak. Dengan begitu, sangat efektif guna menumbangkan lawan. Kemenangan pun akan lebih mudah diraih.

Terapi Ketika Didera Cedera
Cedera bagi atlet beladiri adalah kondisi wajar. Penanganan cepat dan tepat secara medis harus segera dilakukan. Agar tidak terjadi kondisi yang berbahaya bagi organ tubuh dan kehidupan di masa mendatang. Nah, sebagai pendukung pemulihan dari cedera bisa melakukan terapi tertentu. Salah satunya dengan berenang.

Semisal saat kamu menderita cedera otot, maka berenang bisa menjadi alternatif dalam pemulihannya. Wajar saja bila atlet yang mengalami cedera sangat disarankan untuk melakukan renang dengan rutin. Agar cedera yang diderita bisa cepat pulih.

Bantu Turunkan Berat Badan
Salah satu olahraga yang efektif dalam membakar lemak adalah renang. Atlet beladiri seperti Wushu Sanda akan terikat ketentuan terkait berat badan saat akan bermain pada pertandingan atau kompetisi. Nah, agar tetap memiliki berat badan ideal atau sesuai keinginan, maka berenang sangat dianjurkan.

Selain bisa menurunkan berat badan sesuai keinginan, tentunya akan dibarengi dengan bentuk tubuh yang semakin ideal. Dengan begitu, bentuk tubuh atletis tetap terjaga dengan baik. Latihan berenang juga sangat bagus bagi yang ingin memiliki tubuh lebih tinggi. Sehingga anak-anak sangat bagus diajarkan berenang. Supaya membantu pertumbuhan tubuhnya lebih optimal.

Bantu Redakan Stres
Stres bisa mendera siapa saja termasuk atlet beladiri. Nah, sebagai cara efektif dan menyenangkan adalah dengan berenang. Karena aktivitas ini mampu meredakan stres, sekaligus merangsang hormon endorfin. Dengan begitu, merangsang suasana hati semakin tenang.

Ketika baru menyentuh air kolam renang pun, sebenarnya suasana hati menjadi lebih senang. Apalagi kalau sudah lama berada di dalam air dan menikmati aktivitas tersebut. 

Sehingga berenang sangat tepat dilakukan atlet beladiri secara rutin. Apalagi sesudah menjalani serangkaian aktivitas latihan bahkan pertandingan yang sangat melelahkan.

Nah, itulah setidaknya sejumlah manfaat renang bagi atlet beladiri. Tentunya masih banyak manfaat lain yang bisa dirasakan setiap individu. Bagaimana dengan kamu, apakah manfaat yang bisa dirasakan sesudah berenang?

Komentar

Posting Komentar